Episode Kedua - Agar Tampilan Lapak Menarik dan Meningkatkan Penjualan
Dear Sahabat Bukalapak
Tidak sabar kan menanti episode kedua dalam perjuangan meraih
kesuksesan di Bukalapak.com, setelah pada episode pertama kita
telah membahas pemilihan produk yang akan dijual dan pemilihan nama toko.
Semoga episode kemarin sudah dipraktekkan, jika belum silahkan praktekkan
episode kemarin terlebih dahulu. Mohon maaf apabila ternyata episode kedua
ternyata 1 bulan setelah episode pertama.
Episode 2 bercerita tentang bagaimana memaksimalkan tampilan toko
di Bukalapak.com untuk menaikkan kepercayaan dan penjualan.
Memaksimalkan Tampilan Toko kita di Bukalapak.com
Apa saja yang perlu dimaksimalkan dalam toko kita ?
1) Logo
Logo adalah identitas sebuah perusahaan, untuk tampil profesional
kita juga memerlukan logo yang sedikit profesional meskipun tidak harus
menggunakan jasa desain grafis yang mahal, yang penting manfaatkan fitur ini
untuk menunjukkan diferensiasi toko anda dengan toko yang lain, minimal dengan
logo dengan tulisan berwarna dan font cantik. Untuk logo yang bagus bisa dibuat
berkedip dengan format .gif seperti yang dilakukan beberapa toko top seller di
Bukalapak. Logo berkedip akan lebih menarik perhatian pembeli untuk mengunjungi
lapak kita.
2) Header Lapak
Di Bukalapak.com mempunyai salah satu keunggulan yaitu free
header. Di lapak sebelah harus bayar lho kalau mau punya header toko sendiri.
Di Bukalapak.com gratis, tapi sayang nih om tante, banyak yang tidak memaksimal
si header ini. Seringkali header lapak tidak dimanfaakan dengan maksimal,
bahkan ada yang masih bawaan dari bukalapak.com. Padahal ada trik untuk
meningkatkan penjualan menggunakan fasilitas header ini.
Bagaimana membuat header lapak yang baik supaya meningkatkan
penjualan anda ?
Kita harus tahu bahwa ukuran header bukalapak.com adalah 720 x 144
piksel. Kita harus memaksimalkan ruang gambar tersebut untuk menuliskan
kategori produk apa saja yang kita jual dan apa saja kelebihan bila belanja di
toko kita. Jika masih sisa bisa diberi tulisan taglinenya, Jam Buka, atau promo
promo yang ada. Bisa juga tampilkan foto toko fisik dan beberapa produk yang
mewakili kategori jualan anda.
Berikut contoh header , untuk desain bisa bebas tidak harus bagus
yang penting komunikatif menyampaikan keunggulan toko, kategori produk, bisa
ditambahkan juga logo toko anda dan url toko anda bukalapak.com
3) Deskripsi Lapak
Deskripsi Lapak bisa dimaksimalkan dengan menuliskan Tagline atau
Jam Buka Toko atau Jam Pengiriman. Mungkin Om Tante lain ada saran juga bisa
dimasukkan ke sini. Jangan galak galak ya sama pembeli, kami menemukan ada yang
deskripsi lapaknya galak, no complain, kalau mau beli silahkan tidak silahkan
dsbnya. Walau paling murah tapi pembeli akan berpikir ulang kalau penjualnya
dari tampilan depan tokonya saja judes takutnya barangnya juga bermasalah.
4) Nama User = nama url bukalapak dan Tidak diganti ganti
Nah ini yang sempat dibahas di episode pertama, kalau nama user =
nama url bukalapak, supaya lebih rapi dalam pembangunan link brand anda. Dan
jangan ganti ganti, pasti lucu kalau hari ini namanya SoWell besuk namanya SoGood
besuk namanya SoNice, pembeli yang langganan bisa ragu kalau mau order lagi,
walau urlnya masih sama. So pastikan nama brand toko anda sejak awal cari yang
unik , mudah diingat, dan belum ada sebelumnya. Dan kalaupun terlanjur nama url
adalah nama pribadi, usahakan nama lapak tidak berubah - ubah lagi. Apalagi
yang feedbacknya sudah banyak :)
Sekian tips memaksimalkan tampilan lapak kita, untuk episode 3
tentang upload produk dengan powerful, semoga tidak sampai satu bulan ya
episode selanjutnya.
Weliyan Tanoyo | CEO So Well Shop
8
Tips mengoptimalkan lapak untuk
mendongkrak kepercayaan pelanggan dan meningkatkan omset penjualan
Hallo om
tante apa kabar semuanya? Pasti sehat ya.
Seperti
kita ketahui bersama bahwa jubel di maketplace seperti bukalapak ini tidak
ubahnya seperti jualan di mall, namun bedanya di bukalapak dan di mall terletak
di fleksibilitas toko kita. Maksudnya apa nich? Maksudnya gini nih, kalo kita
jualan di mall dan nyewa tempaytempat di belakang otomatis kita tetap di
belakang kecuali pindah ke tempat yang depan dan itu gak mudah kan? Karena
tempat di depaa pasti udah di tempatin sama orang dan kalo kita geser paati
kita bakalan berkelahi sama seller lain bukanya jualan. Hehehe
Terus
kalo di bukalapak gimana?
Kalo di
bukalapak kita bisa ada di mana aja, bisa di belakang, di tengah dan bahkan di
depan. Wihh asyikk dongg, tapi gimana caranya?
Caranya:
1.
Om/tante harus jualan barang. Kenapa musti jualan barang? Ya
iyalah kalo jualan jasa bukan di sini tempatnya. Eh tapi jualanya juga gak
boleh barang terlarang lho. Terus jualan apa dong? Jualan barang yang berguna
unik antik langka seperti dagangan ane ngiklanTerselubung
1.
Rajin login ke bukalapak. Apa hubinganya rajin login? Yah ada
dong, kalo gak rajin login gimana mau ngurus tokonya. Ia gak
2.
Tambah barang dagangan. Kalo barangnya cuma sedikit gimana? Nah
pertanyaan bagus. Kalo barangnya sedikit kita buat iklanya banyak. Contoh. Ane
punya mainan 5 warna dan jumlah 100 pcs bisa dijual satuan atau paket. Jadi
kita buat iklanya berdasarkan jumlah warna, paket 6pcs, 12pcs, 24pcs dst. Capek
dong? Gakk kok kan ada remindernya di siatem kita ketik huruf atau angka
awalnya aja kan udah muncul pilihanya tinggal rubah warna aja. Kalo kita buat
seperti ini sangat bagus buat toko kita. Kenapa? Setiap orang lihat produk yang
kita jual produk serupa masih punya kita. Asyik kan, jadi sangat kecil
kemungkinan buyer lari ke lapak sebelah.
3.
Tentukan harga yang mantab. Maksudnya apa? Jadi gini, sebelum
menentukan harga silahkan riset dulu berapa harga barang itu di lapak sebelah.
Kalo udah tau taruh harga dibawahnya sesikit aja. Contoh: lapak A harga 30000
maka kita buat harga 29900. Mana yang lebih kelihatan murah dan berpotensi
dibeli? Pasti 29900 walau selisih rp100.
4.
Fast respons. Jika kita dapat PM kita harus segera mungkin
membalasnya. Kenapa harus cepat? Ya jelas harus dong, karena biasanya buyer
juga tanya dilapak lain. Lah kqlo kita lama balasnya bakalan di prospek sama
seller lain dong dan akhirnya buyer beli di sana wqlau harga mahal dikit. Kita
rugi.
5.
Gunakan bahasa yang sopan n ramah. Pernah tlp CS suatu perusahaan
gak? Kalo gak tlp dulu n lihat gimana ramahnya mereka wqlau di komplain
merekantetap ramah. Karena kalo kita ramah buyer bakalan senang dan akan
melakukan pembelian serta memberi feedback postif kepada kita bahkan bisa saja
buyer merekomendasikan lapak kita ke temanya. Mantabs kan?
6.
Buat catatan pelapak agar kita bisa jelaskan syarat dan ketentuan
yang berlaku di lapak kita.
7.
Gunakan push. Wah ini penting sekali. Dengan push kita bisa ggeser
lapak siapapun dan dagangan kita bakalan lebih banyak dilihat orang dan pasti
akan ada yang berminat. Pengalaman ane pake puah dalam hitungan detik adaa yang
PM dan dalam hitungan menit ada yang order.
Mungkin
segini dulu ya om tante. Kalo ada salah kata pengetikan mohon maaf karena ane
pake hp ngetiknya dan ane kalo ngetik di layar sentuh suka salah salah.
Kalau ada
kritik dan saran untuk trit ini atau tambahan dari para good seller ane sangat
terbuka.
Yang
punya pendapat lain jangan ragu tambahanya.
Oke
sekian sampe ketemu di tread berikutnya.
Salam,
Pamuji
Calon
Good Seller
Spesialis
kebutuhan rumah tangga, mainan anak, elektronik, alat dapur, kecantikan dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar