Selasa, 30 Juni 2015

TIPS MENGOPTIMALKAN LAPAK ONLINE


Episode Kedua - Agar Tampilan Lapak Menarik dan Meningkatkan Penjualan

So well shop
sowellshop (139) • sehari yang lalu • +17, -1 off-topic • 6251 views
Dear Sahabat Bukalapak
Tidak sabar kan menanti episode kedua dalam perjuangan meraih kesuksesan di Bukalapak.com, setelah pada episode pertama kita telah membahas pemilihan produk yang akan dijual dan pemilihan nama toko. Semoga episode kemarin sudah dipraktekkan, jika belum silahkan praktekkan episode kemarin terlebih dahulu. Mohon maaf apabila ternyata episode kedua ternyata 1 bulan setelah episode pertama.
Episode 2 bercerita tentang bagaimana memaksimalkan tampilan toko di Bukalapak.com untuk menaikkan kepercayaan dan penjualan.
Memaksimalkan Tampilan Toko kita di Bukalapak.com
Apa saja yang perlu dimaksimalkan dalam toko kita ?
1) Logo
Logo adalah identitas sebuah perusahaan, untuk tampil profesional kita juga memerlukan logo yang sedikit profesional meskipun tidak harus menggunakan jasa desain grafis yang mahal, yang penting manfaatkan fitur ini untuk menunjukkan diferensiasi toko anda dengan toko yang lain, minimal dengan logo dengan tulisan berwarna dan font cantik. Untuk logo yang bagus bisa dibuat berkedip dengan format .gif seperti yang dilakukan beberapa toko top seller di Bukalapak. Logo berkedip akan lebih menarik perhatian pembeli untuk mengunjungi lapak kita.
2) Header Lapak
Di Bukalapak.com mempunyai salah satu keunggulan yaitu free header. Di lapak sebelah harus bayar lho kalau mau punya header toko sendiri. Di Bukalapak.com gratis, tapi sayang nih om tante, banyak yang tidak memaksimal si header ini. Seringkali header lapak tidak dimanfaakan dengan maksimal, bahkan ada yang masih bawaan dari bukalapak.com. Padahal ada trik untuk meningkatkan penjualan menggunakan fasilitas header ini.
Bagaimana membuat header lapak yang baik supaya meningkatkan penjualan anda ?
Kita harus tahu bahwa ukuran header bukalapak.com adalah 720 x 144 piksel. Kita harus memaksimalkan ruang gambar tersebut untuk menuliskan kategori produk apa saja yang kita jual dan apa saja kelebihan bila belanja di toko kita. Jika masih sisa bisa diberi tulisan taglinenya, Jam Buka, atau promo promo yang ada. Bisa juga tampilkan foto toko fisik dan beberapa produk yang mewakili kategori jualan anda.
Berikut contoh header , untuk desain bisa bebas tidak harus bagus yang penting komunikatif menyampaikan keunggulan toko, kategori produk, bisa ditambahkan juga logo toko anda dan url toko anda bukalapak.com
3) Deskripsi Lapak
Deskripsi Lapak bisa dimaksimalkan dengan menuliskan Tagline atau Jam Buka Toko atau Jam Pengiriman. Mungkin Om Tante lain ada saran juga bisa dimasukkan ke sini. Jangan galak galak ya sama pembeli, kami menemukan ada yang deskripsi lapaknya galak, no complain, kalau mau beli silahkan tidak silahkan dsbnya. Walau paling murah tapi pembeli akan berpikir ulang kalau penjualnya dari tampilan depan tokonya saja judes takutnya barangnya juga bermasalah.
4) Nama User = nama url bukalapak dan Tidak diganti ganti
Nah ini yang sempat dibahas di episode pertama, kalau nama user = nama url bukalapak, supaya lebih rapi dalam pembangunan link brand anda. Dan jangan ganti ganti, pasti lucu kalau hari ini namanya SoWell besuk namanya SoGood besuk namanya SoNice, pembeli yang langganan bisa ragu kalau mau order lagi, walau urlnya masih sama. So pastikan nama brand toko anda sejak awal cari yang unik , mudah diingat, dan belum ada sebelumnya. Dan kalaupun terlanjur nama url adalah nama pribadi, usahakan nama lapak tidak berubah - ubah lagi. Apalagi yang feedbacknya sudah banyak :)
Sekian tips memaksimalkan tampilan lapak kita, untuk episode 3 tentang upload produk dengan powerful, semoga tidak sampai satu bulan ya episode selanjutnya.
Weliyan Tanoyo | CEO So Well Shop





                       













8
Tips mengoptimalkan lapak untuk mendongkrak kepercayaan pelanggan dan meningkatkan omset penjualan
Profil bl
pamujialfaruq (170) • 4 hari yang lalu • 210 views
Hallo om tante apa kabar semuanya? Pasti sehat ya.
Seperti kita ketahui bersama bahwa jubel di maketplace seperti bukalapak ini tidak ubahnya seperti jualan di mall, namun bedanya di bukalapak dan di mall terletak di fleksibilitas toko kita. Maksudnya apa nich? Maksudnya gini nih, kalo kita jualan di mall dan nyewa tempaytempat di belakang otomatis kita tetap di belakang kecuali pindah ke tempat yang depan dan itu gak mudah kan? Karena tempat di depaa pasti udah di tempatin sama orang dan kalo kita geser paati kita bakalan berkelahi sama seller lain bukanya jualan. Hehehe
Terus kalo di bukalapak gimana?
Kalo di bukalapak kita bisa ada di mana aja, bisa di belakang, di tengah dan bahkan di depan. Wihh asyikk dongg, tapi gimana caranya?
Caranya:
1.       Om/tante harus jualan barang. Kenapa musti jualan barang? Ya iyalah kalo jualan jasa bukan di sini tempatnya. Eh tapi jualanya juga gak boleh barang terlarang lho. Terus jualan apa dong? Jualan barang yang berguna unik antik langka seperti dagangan ane ngiklanTerselubung
1.       Rajin login ke bukalapak. Apa hubinganya rajin login? Yah ada dong, kalo gak rajin login gimana mau ngurus tokonya. Ia gak
2.       Tambah barang dagangan. Kalo barangnya cuma sedikit gimana? Nah pertanyaan bagus. Kalo barangnya sedikit kita buat iklanya banyak. Contoh. Ane punya mainan 5 warna dan jumlah 100 pcs bisa dijual satuan atau paket. Jadi kita buat iklanya berdasarkan jumlah warna, paket 6pcs, 12pcs, 24pcs dst. Capek dong? Gakk kok kan ada remindernya di siatem kita ketik huruf atau angka awalnya aja kan udah muncul pilihanya tinggal rubah warna aja. Kalo kita buat seperti ini sangat bagus buat toko kita. Kenapa? Setiap orang lihat produk yang kita jual produk serupa masih punya kita. Asyik kan, jadi sangat kecil kemungkinan buyer lari ke lapak sebelah.
3.       Tentukan harga yang mantab. Maksudnya apa? Jadi gini, sebelum menentukan harga silahkan riset dulu berapa harga barang itu di lapak sebelah. Kalo udah tau taruh harga dibawahnya sesikit aja. Contoh: lapak A harga 30000 maka kita buat harga 29900. Mana yang lebih kelihatan murah dan berpotensi dibeli? Pasti 29900 walau selisih rp100.
4.       Fast respons. Jika kita dapat PM kita harus segera mungkin membalasnya. Kenapa harus cepat? Ya jelas harus dong, karena biasanya buyer juga tanya dilapak lain. Lah kqlo kita lama balasnya bakalan di prospek sama seller lain dong dan akhirnya buyer beli di sana wqlau harga mahal dikit. Kita rugi.
5.       Gunakan bahasa yang sopan n ramah. Pernah tlp CS suatu perusahaan gak? Kalo gak tlp dulu n lihat gimana ramahnya mereka wqlau di komplain merekantetap ramah. Karena kalo kita ramah buyer bakalan senang dan akan melakukan pembelian serta memberi feedback postif kepada kita bahkan bisa saja buyer merekomendasikan lapak kita ke temanya. Mantabs kan?
6.       Buat catatan pelapak agar kita bisa jelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku di lapak kita.
7.       Gunakan push. Wah ini penting sekali. Dengan push kita bisa ggeser lapak siapapun dan dagangan kita bakalan lebih banyak dilihat orang dan pasti akan ada yang berminat. Pengalaman ane pake puah dalam hitungan detik adaa yang PM dan dalam hitungan menit ada yang order.
Mungkin segini dulu ya om tante. Kalo ada salah kata pengetikan mohon maaf karena ane pake hp ngetiknya dan ane kalo ngetik di layar sentuh suka salah salah.
Kalau ada kritik dan saran untuk trit ini atau tambahan dari para good seller ane sangat terbuka.
Yang punya pendapat lain jangan ragu tambahanya.
Oke sekian sampe ketemu di tread berikutnya.

Salam,
Pamuji
Calon Good Seller
Spesialis kebutuhan rumah tangga, mainan anak, elektronik, alat dapur, kecantikan dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar