Bisnis Konstruksi & Property
Nama Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi & Property
Kepala Kompetensi Keahlian : Dede Rismunandar, S.Pd, ACU.
Visi dan Misi Kompetensi Keahlian :
1. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan property secara mandiri atau wirausaha
2. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan Property yang ada di dunia usaha dan dunia industri
3. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan property yang profesional.
Kepala Kompetensi Keahlian : Dede Rismunandar, S.Pd, ACU.
Visi dan Misi Kompetensi Keahlian :
1. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan property secara mandiri atau wirausaha
2. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan Property yang ada di dunia usaha dan dunia industri
3. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan property yang profesional.
Bisnis Konstruksi dan Properti - Struktur Kurikulum 2018
Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti
Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan NOMOR: 07/D.D5/KK/2018
Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan NOMOR: 07/D.D5/KK/2018
SILABUS MATA
PELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 1
CIBINONG
Bidang Keahlian : Teknologi
dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian:Bisnis Konstruksi dan Properti
Mata Pelajaran : Pengelolaan
Bisnis Konstruksi dan Properti
Durasi (Waktu) : 348 JP (@
45 menit)
Kelas/Semester : XI-XII/
3,4,5 dan 6
KI-3 (Pengetahuan) :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Konstruksi
dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) :
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Konstruksi dan
Properti. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1
Memahami konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
4.1
Menyajikan jenis-jenis bisnis konstruksi dan
properti
|
3.1.1
Menggolongkan jenis-jenis jasa konsultan perencana pada bisnis
konstruksi dan properti
3.1.2
Menggolongkan jenis-jenis jasa Kontraktor pelaksana pada bisnis konstruksi dan properti
3.1.3
Menggolongkan jenis-jenis jasa Konsultan
Pengawas/Manajemen Konstruksi pada bisnis konstruksi dan properti
4.1.1
Melakukan
penggolongan perusahaan bisnis
konstruksi dan properti
4.1.2
Menyajikan hasil penggolongan jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
|
Pemahaman konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
Penyajian jenis-jenis
bisnis konstruksi dan properti
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang konsep jenis-jenis
bisnis konstruksi dan properti
·
Mengumpulkan data tentang konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
·
Mengolah data tentang konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
·
Mengomunikasikan tentang konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.2
Memahami konsep
pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
4.2
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
|
3.2.1
Menjelaskan pekerjaan
konsultan perencana dalam pengelolaan bisnis
konstruksi dan properti
3.2.2
Menjelaskan pekerjaan
kontraktor pelaksana dalam pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
3.4.3
Menjelaskan pekerjaan
perusahaan konsutan Pengawas/Manajemen Konstruksi dalam pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
4.2.1
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti perusahaan Konsultan
Perencana
4.2.2
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti kontraktor
pelaksana
4.2.3
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti perusahaan
Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi
|
Pemahaman konsep pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
Penyajian pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang pengelolaan bisnis
konstruksi dan roperty
·
Mengumpulkan data tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan roperty
·
Mengolah data tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan roperty
·
Mengomunikasikan tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.3
Menerapkan prosedur penjadwalan proyek konstruksi
4.3
Membuat penjadwalan proyek konstruksi
|
3.3.1
Menjelaskan prosedur
penjadwalan proyek konstruksi
3.3.2
Menerapkan prosedur penjadwalan proyek konstruksi
4.3.1
Membuat diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.3.2
Membuat diagram batang jadwal pengadaan material
4.3.3
Membuat diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,3.4
Membuat diagram batang jadwal pengadaan peralatan
|
Penerapan prosedur penjadwalan proyek konstruksi
Pembuatan penjadwalan proyek konstruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang prosedur penjadwalan
proyek konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengolah data tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.4
Menganalisa penjadwalan proyek konstruksi
4.4
Merancang penjadwalan proyek konstruksi
|
3.4.1
Menganalisa prosedur penjadwalan proyek konstruksi
3.4.2
Menganalisa prosedur penjadwalan proyek konstruksi
4.4.1
Merancang diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.4.2
Merancang diagram batang jadwal pengadaan material
4.4.3
Merancang diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,4.4
Merancang diagram batang jadwal pengadaan peralatan
|
Analisa prosedur penjadwalan proyek
konstruksi
Perancangan penjadwalan proyek konstruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang analisa penjadwalan
proyek konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengolah data tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.5
Mengevaluasi penjadwalan proyek konstruksi
4.5
Memperbaiki penjadwalan proyek konstruksi
|
3.3.1
Menjelaskan hasil
evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
3.3.2
Mengevaluasi penjadwalan proyek konstruksi
4.3.1
Memperbaiki diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek
konstruksi
4.3.2
Memperbaiki diagram batang jadwal
pengadaan material
4.3.3
Memperbaiki diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,3.4
Memperbaiki diagram batang jadwal pengadaan peralatan
|
Evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
Perbaikan penjadwalan proyek konstruksi
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang evaluasi penjadwalan
proyek konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengolah data tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.6
Memahami konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6
Menyajikan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
3.6.1
Menjelaskan rumus
pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
3.6.2
Menjelaskan konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
4.6.1
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6.2
Menyajikan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
Pemahaman konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Penyajian pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang konsep pembobotan setiap
jenis pekerjaan konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
·
Mengolah data tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.7
Menerapkan prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.7
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
3.7.1
Menjelaskan prosedur pembobotan setiap
jenis pekerjaan konstruksi
3.7.2
Menerapkan konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.7.1
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6.2
Menyajikan pembobotan setiap jenis
pekerjaan konstruksi
|
Penerapan prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Pembuatan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
30
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang prosedur pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
·
Mengolah data tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.8
Mengevaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.8
Memperbaiki pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
3.6.1
Mengevaluasi
pembobotan setiap jenis
pekerjaan konstruksi
3.6.2
Mengevaluasi hasil pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi terhadap harga total
4.6.1
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6.2
Memperbaiki pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
Evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Perbaikan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah
tentang evaluasi pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
·
Mengolah data tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan
konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.9
Memahami konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
4.9
Menyajikan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
|
3.9.1
Menjelaskan konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek 3.9.2
Menerapkan konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek 4.9.1
Menyajikan diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek
konstruksi
4.9.2
Menyajikan digram batang jadwal pengadaan material
4.9.3
Menyajikan digram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,9.4
Menyajikan digram batang jadwal pengadaan peralatan
|
Pemahaman konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
Penyajian jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang jenis-jenis diagram
penjadwalan proyek
·
Mengumpulkan data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
·
Mengolah data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
·
Mengomunikasikan tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.10
Menerapkan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
konstruksi
4.10
Membuat jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
|
3.10.1
Menerapkan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
konstruksi
3.10.2
Menerapkan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
konstruksi
4.10.1
Membuat diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.10.2
Membuat diagram batang jadwal pengadaan material
4.10.3
Menyajikan diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,10.4
Menyajikan diagram batang jadwal pengadaan peralatan
|
Penerapan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
konstruksi
Pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang jenis-jenis diagram
penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
konstruksi
·
Mengolah data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.11
Memahami konsep pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
4.11
Menyajikan pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
|
3.11.1
Menguraikan perencanaan organisasi proyek
3.11.2
Menjelaskan pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
3.11.3
Menjelaskan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
4.11.1
Menyajikan perencanaan organisasi proyek
4.11.2
Menyajikan pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
4.11.3
Menyajikan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
|
Pemahaman konsep pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
Penyajian pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan
peralatan
·
Mengumpulkan data tentang pengelolaan sumber daya
manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengolah data tentang pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengomunikasikan tentang pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.12
Menerapkan prosedur pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
4.12
Melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
|
3.12.1
Menerapkan prosedur pengelolaan organisasi proyek
3.12.2
Menerapkan prosedur pembentukan tim proyek dan
pengisian personil proyek
3.12.3
Menerapkan prosedur pengelolaan bahan, dan peralatan
4.12.1
Menyajikan perencanaan organisasi proyek
4.11.2
Menyajikan pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
4.11.3
Menyajikan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
|
Penerapan prosedur pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
Pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
|
18
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan
peralatan
·
Mengumpulkan data tentang prosedur pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengolah data tentang prosedur
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengomunikasikan tentang prosedur
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.13
Menganalisis pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
4.13
Merancang pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
|
3.13.1
Menganalisis
pengelolaan perencanaan organisasi proyek
3.13.2
Menjelaskan pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
3.13.3
Menjelaskan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
4.13.1
Merancang
perencanaan organisasi proyek
4.13.2
Merancang pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
4.13.3
Merancang konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
|
Analisis pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan
peralatan
Perancangan pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan
peralatan
·
Mengumpulkan data tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengolah data tentang pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengomunikasikan tentang pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.14
Mengevaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
4.14
Memperbaiki pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
|
3.14.1
Mengevaluasi hasil perencanaan organisasi proyek
3.14.2
Mengevaluasi pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
3.14.3
Mengevaluasi konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
4.14.1
Memperbaiki perencanaan organisasi proyek
4.14.2
Memperbaiki pembentukan tim proyek dan pengisian
personil proyek
4.14.3
Memperbaiki konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
|
Evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan
peralatan
Perbaikan pengelolaan sumber daya manusia, bahan,
dan peralatan
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan
peralatan
·
Mengumpulkan data tentang evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengolah data tentang evaluasi
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·
Mengomunikasikan tentang evaluasi
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.15
Memahami konsep pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
4.15
Menyajikan pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
3.15.1
Menjelaskan konsep pembuatan laporan harian
3.15.2
Menjelaskan konsep pembuatan laporan mingguan
3.15.3
Menjelaskan konsep pembuatan laporan bulanan
3.15.4
Menjelaskan konsep pembuatan laporan akhir
4.15.1
Menyajikan konsep pembuatan laporan harian
4.15.2
Menyajikan konsep pembuatan laporan mingguan
4.15.3
Menyajikan konsep pembuatan laporan bulanan
4.15.4
Menyajikan konsep pembuatan laporan akhir
|
Pemahaman konsep pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
Penyajian pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
40
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan
laporan akhir pekerjaan konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi Mengolah data tentang pembuatan
laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang pembuatan
laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.16
Menerapkan prosedur pembuatan laporan harian,
mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
4.16
Membuat
laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
3.16.1
Menerapkan konsep pembuatan laporan harian
3.16.2
Menerapkan konsep pembuatan laporan mingguan
3.16.3
Menerapkani konsep pembuatan laporan bulanan
3.16.4
Menerapkan konsep pembuatan laporan akhir
4.15.1
Menyajikan konsep pembuatan laporan harian
4.15.2
Menyajikan konsep pembuatan laporan mingguan
4.15.3
Menyajikan konsep pembuatan laporan bulanan
4.15.4
Menyajikan konsep pembuatan laporan akhir
|
Penerapan prosedur pembuatan laporan harian,
mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
Pembuatan
laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang prosedur pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir
pekerjaan konstruksi
·
Mengolah data tentang prosedur
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang prosedur
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.17
Mengevaluasi pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
4.17
Memperbaiki laporan harian, mingguan, bulanan, dan
laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
3.17.1
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan harian
3.17.2
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan mingguan
3.17.3
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan bulanan
3.17.4
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan akhir
4.17.1
Memperbaiki konsep pembuatan laporan harian
4.17.2
Memperbaiki konsep pembuatan laporan mingguan
4.17.3
Memperbaiki konsep pembuatan laporan bulanan
4.17.4
Memperbaiki konsep pembuatan laporan akhir
|
Evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
Perbaikan laporan harian, mingguan, bulanan, dan
laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·
Mengumpulkan data tentang evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir
pekerjaan konstruksi
·
Mengolah data tentang evaluasi
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
·
Mengomunikasikan tentang evaluasi
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.18
Memahami konsep pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
4.18
Menyajikan
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
3.18.1
Menjelaskan dokumen teknis yang harus di lengkapi
untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konstruksi
3.18.2
Menjelaskan dokumen teknis yang harus disetujui oleh
Konsultan Pengawas/Managemen Konstruksi,PPHP
dan PPK untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
4.18.1
Melakukan pemeriksaan
kelengkapan dokumen teknis
4.18.2
Menyajikan
hasil pemeriksaan dokemen teknis untuk pengajuan termin
pembayaran pekerjaan konsruksi
|
Pemahaman konsep pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
Penyajian
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
·
Mengumpulkan data tentang konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·
Mengolah data tentang konsep
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·
Mengomunikasikan tentang konsep
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.19
Menerapkan prosedur
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
4.19
Membuat pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
|
3.19.1
Menjelaskan prosedur dokumen teknis yang harus di
lengkapi untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konstruksi
3.19.2
Menjelaskan
prosedur dokumen teknis yang harus disetujui oleh Konsultan
Pengawas/Managemen Konstruksi,PPHP dan
PPK untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
4.19.1
Membuat pemeriksaan
kelengkapan dokumen teknis
4.19.2
Memperbaiki
hasil pemeriksaan dokumen teknis untuk pengajuan termin
pembayaran pekerjaan konstruksi
|
Penerapan prosedur
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
Pembuatan pengajuan
termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang penerapan prosedur
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·
Mengumpulkan data tentang penerapan prosedur pengajuan
termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·
Mengolah data tentang penerapan
prosedur pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
·
Mengomunikasikan tentang penerapan
prosedur pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
3.20
Mengevaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
4.20
Membuat pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
|
3.20.1
Menjelaskan
hasil evaluasi dokumen teknis yang harus di lengkapi untuk pengajuan termin
pembayaran pekerjaan konstruksi
3.20.2
Mengevaluasi
dokumen teknis yang harus disetujui oleh Konsultan Pengawas/Managemen
Konstruksi,PPHP dan PPK untuk pengajuan
termin pembayaran pekerjaan konsruksi
4.20.1
Melakukan pemeriksaan
kelengkapan dokumen teknis
4.20.2
Menyajikan
hasil pemeriksaan dokemen teknis untuk pengajuan termin
pembayaran pekerjaan konsruksi
|
Evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
Pembuatan pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
|
10
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
·
Mengumpulkan data tentang evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·
Mengolah data tentang evaluasi
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·
Mengomunikasikan tentang evaluasi
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Observasi
|
Keterangan
Pengisian Format Silabus
Nama Sekolah : diisi nama SMK yang bersangkutan.
Bidang Keahlian : diisi
nama Bidang Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor
4678/D/KEP/MK/2016.
Kompetensi Keahlian : diisi
nama Kompetensi Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen
Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.
Mata Pelajaran : diisi
nama mata pelajaran sesuai Struktur Kurikulum berdasarkan Kepdirjen Nomor
130/D/KEP/KR/2017.
Durasi (Waktu) : diisi jumlah waktu mata pelajaran secara
keseluruhan.
KI-1 : diisi rumusan Kompetensi Inti 1 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran
yang bersangkutan.
KI-2 : diisi rumusan Kompetensi Inti 2 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran
yang bersangkutan.
KI-3 : diisi rumusan Kompetensi Inti 3 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang
bersangkutan.
KI-4 : diisi rumusan Kompetensi Inti 4 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang
bersangkutan.
Kolom 1: diisi nomor dan rumusan pasangan KD yang
dipindahkan dari format KI dan KD mata pelajaran yang bersangkutan.
Kolom 2: diisi dengan rumusan IPK yang merupakan rincian
standar minimal kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Kolom 3: diisi dengan Materi Pokok yang harus
dipelajari oleh peserta didik untuk menguasai KD berdasarkan IPK. Khusus untuk materi mata pelajaran peminatan kejuruan (C2
dan C3) dapat mempertimbangkan KUK dan batasan variabel/lingkup variabel/range of variabel SKK yang diacu.
Kolom 4: diisi dengan Alokasi Waktu jam pelajaran yang
disediakan untuk mempelajari pasangan KD.
Kolom 5: diisi dengan pokok-pokok proses pembelajaran
berpendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik pasang KD
Kolom 6: diisi dengan Aspek, Pendekatan, dan Teknik
Penilaian yang disarankan.
A. Struktur Kurikulum
1. Struktur Umum
Kurikulum Pendidikan Menengah
Untuk mewadahi konsep kesamaan muatan antara SMA/MA dan SMK/MAK, maka dikembangkan Struktur Kurikulum Pendidikan
Menengah, terdiri atas Kelompok Mata
Pelajaran Wajib dan Mata Pelajaran Pilihan. Mata pelajaran wajib mencakup 9 (sembilan)
mata pelajaran dengan beban
belajar 24 jam pelajaran per minggu. Isi
kurikulum (Kompetensi Inti dan KD) dan kemasan substansi untuk
mata pelajaran wajib bagi SMA/MA dan SMK/MAK adalah sama.
Mata pelajaran pilihan terdiri atas pilihan akademik untuk SMA/MA
serta pilihan
akademik dan vokasional untuk SMK/MAK. Mata pelajaran pilihan ini memberi corak
kepada fungsi satuan pendidikan,
dan di dalamnya
terdapat pilihan sesuai dengan minat peserta didik.
Struktur ini menerapkan prinsip
bahwa peserta didik merupakan subjek dalam belajar yang memiliki
hak untuk memilih mata pelajaran
sesuai dengan minatnya.
Tabel 1
Struktur
Umum Kurikulum
Pendidikan Menengah
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
BELAJAR
PER MINGGU
|
|||
X
|
XI
|
XII
|
||
Kelompok A
(Wajib)
|
||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah
Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6.
|
Bahasa
Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok B
(Wajib)
|
||||
7.
|
Seni
Budaya*
|
2
|
2
|
2
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga,
dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
9.
|
Prakarya
dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu
|
24
|
24
|
24
|
|
Kelompok C
(Peminatan)
|
||||
Mata Pelajaran Peminatan
Akademik (SMA/MA)
Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi
(SMK/MAK)
|
18
24
|
20
24
|
20
24
|
|
Jumlah Jam
Pelajaran yang harus ditempuh per minggu
(SMA/MA)
Jumlah Jam
Pelajaran yang harus ditempuh per minggu (SMK/MAK)
|
42
48
|
44
48
|
44
48
|
Mata pelajaran Kelompok A dan C adalah kelompok mata pelajaran
yang substansinya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B
adalah kelompok mata pelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat dan
dapat dilengkapi dengan muatan lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Kegiatan Ekstrakurikuler SMA/MA dan SMK/MAK meliputi: Pramuka (wajib), OSIS, UKS, PMR,
dan lain-lain, diatur lebih lanjut dalam bentuk Pedoman Program Ekstrakurikuler.
Tabel 2
Struktur Umum Kurikulum SMK/MAK
(Program 3
Tahun)
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
BELAJAR
PER MINGGU
|
|||
X
|
XI
|
XII
|
||
Kelompok A (Wajib)
|
||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah
Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok B (Wajib)
|
||||
7.
|
Seni Budaya*
|
2
|
2
|
2
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
9.
|
Prakarya dan
Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Jam
Pelajaran Kelompok A dan B per minggu
|
24
|
24
|
24
|
|
Kelompok C (Peminatan)
|
||||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi (SMK/MAK)
|
24
|
24
|
24
|
|
Jumlah Jam Pelajaran yang harus ditempuh per-minggu
|
48
|
48
|
48
|
Keterangan:
: pembelajaran dapat dilaksanakan
di satuan pendidikan dan/atau di
industri (terintegrasi dengan Praktik Kerja Lapangan) dengan Portofolio sebagai
instrumen utama penilaian.
a. Struktur Kurikulum
SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
Tabel 4
Struktur Kurikulum SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
MATA
PELAJARAN
|
KELAS
|
||||||
X
|
XI
|
XII
|
|||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||
Kelompok A (Wajib)
|
|||||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
Sejarah
Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok B (Wajib)
|
|||||||
7
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Prakarya dan
Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Kelompok C (Peminatan)
|
|||||||
C1. Dasar
Bidang Keahlian
|
|||||||
10
|
Fisika
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
11
|
Kimia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
12
|
Gambar Teknik
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
C2. Dasar Program Keahlian
|
18
|
18
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
C3. Paket Keahlian
|
-
|
-
|
18
|
18
|
24
|
24
|
|
TOTAL
|
48
|
48
|
48
|
48
|
48
|
48
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi DasarPrakarya dan Kewirausahaan
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati keberagaman benda produk
rekayasa di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk rekayasa di
wilayah setempat dan lainnya
2.2 Mengaplikasikan
perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk
rekayasa di wilayah setempat dan lainnya
2.3 Menunjukkan
sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam merancang dan
membuat produk rekayasa di wilayah
setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir
|
3.
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami
aneka jenis karya rekayasa yang digunakan sebagai alat komunikasi dan alat
kontrol dengan sumber arus listrik dengan pendekatan budaya setempat dan
lainnya
3.2 Mengetahui
bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan alat komunikasi
dan alat kontrol dengan sumber arus listrik di wilayah setempat dan lainnya.
3.3 Menerapkan
prosedur pembuatan alat komunikasi dan alat kontrol dengan sumber arus
listrik
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Membuat
produk alat komunikasi sederhana bersumber arus listrik DC
4.2
Membuat produk teknologi yang menggunakan alat kontrol
dengan sumber arus listrik melalui proses alur produksi
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati keberagaman produk rekayasa di wilayah
setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1 Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk rekayasa di
wilayah setempat dan lainnya
2.2 Mengaplikasikan
perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk
rekayasa di wilayah setempat dan lainnya
2.3 Menunjukkan
sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam merancang dan
membuat produk rekayasa di wilayah
setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami
konsep aneka jenis karya rekayasa yang memiliki fungsi sebagai pembangkit
listrik dan produk penggerak menggunakan sistem komputer dengan pendekatan
budaya setempat dan lainnya
3.2 Mengetahui
bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan pembangkit
listrik dan produk penggerak menggunakan sistem komputer
3.3 Menerapkan
prosedur pembuatan pembangkit listrik dan produk penggerak menggunakan sistem
komputer
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Membuat pembangkit listrik menggunakan tenaga alam di
wilayah setempat sesuai proses alur produksi
4.2
Membuat produk penggerak yang menggunakan sistem
komputer
|
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati keberagaman produk rekayasa di wilayah
setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1 Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk rekayasa di
wilayah setempat dan lainnya
2.2 Mengaplikasikan
perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk
rekayasa di wilayah setempat dan lainnya
2.3 Menunjukkan
sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam merancang dan
membuat produk rekayasa di wilayah
setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami
konsep desain dan fungsi dari aneka jenis karya rekayasa teknologi
inovatif yang dibuat berdasarkan
sumber daya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
3.2 Mengetahui
bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan karya rekayasa
inovatif dengan bahan dari wilayah setempat dan lainnya.
3.3 Menerapkan
prosedur pembuatan karya rekayasa inovatif sesuai wilayah setempat dan lainnya
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Membuat produk elektronika dengan kendali otomatis
sesuai proses alur produksi
4.2
Membuat produk robotik dengan bahan yang tersedia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar