Selasa, 25 September 2018

BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTY

 Bisnis Konstruksi & Property

Nama Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi & Property
Kepala Kompetensi Keahlian : Dede Rismunandar, S.Pd, ACU.

Visi dan Misi Kompetensi Keahlian :

1. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan property  secara mandiri atau wirausaha
2. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang bisnis  konstruksi dan Property yang ada di dunia usaha dan dunia industri
3. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang bisnis konstruksi dan property yang profesional.



Bisnis Konstruksi dan Properti - Struktur Kurikulum 2018

Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti
Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan NOMOR: 07/D.D5/KK/2018
 
SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah          : SMKN 1 CIBINONG

Bidang Keahlian      : Teknologi dan Rekayasa

Kompetensi Keahlian:Bisnis Konstruksi dan Properti

Mata Pelajaran         : Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti

Durasi (Waktu)        : 348 JP (@ 45 menit)

Kelas/Semester        : XI-XII/ 3,4,5 dan 6

KI-3 (Pengetahuan)  :

                                Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Konstruksi dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)  :

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang     lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Konstruksi dan Properti. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,    produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung





Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1      
Memahami konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti










4.1  
Menyajikan jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
3.1.1
Menggolongkan jenis-jenis jasa konsultan perencana pada bisnis konstruksi dan properti
3.1.2
Menggolongkan jenis-jenis jasa  Kontraktor pelaksana  pada bisnis konstruksi dan properti
3.1.3
Menggolongkan jenis-jenis jasa Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi pada bisnis konstruksi dan properti

4.1.1
Melakukan 
penggolongan  perusahaan bisnis konstruksi dan properti
4.1.2
Menyajikan hasil penggolongan  jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti

Pemahaman konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti











Penyajian jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
·      Mengumpulkan data tentang  konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
·      Mengolah data tentang konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
·      Mengomunikasikan tentang konsep jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi

3.2    Memahami konsep pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
















4.2 
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
3.2.1
Menjelaskan pekerjaan konsultan perencana dalam pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
3.2.2
Menjelaskan pekerjaan kontraktor pelaksana   dalam pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
3.4.3
Menjelaskan pekerjaan perusahaan konsutan Pengawas/Manajemen Konstruksi  dalam pengelolaan bisnis konstruksi dan properti


4.2.1
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti perusahaan Konsultan Perencana
4.2.2
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti kontraktor pelaksana

4.2.3
Menyajikan pengelolaan bisnis konstruksi dan properti perusahaan Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi



Pemahaman konsep pengelolaan bisnis konstruksi dan properti




















Penyajian pengelolaan bisnis konstruksi dan properti



20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan roperty
·      Mengumpulkan data tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan roperty
·      Mengolah data tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan roperty
·      Mengomunikasikan tentang pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.3
Menerapkan prosedur penjadwalan proyek konstruksi



4.3
Membuat penjadwalan proyek konstruksi

3.3.1
Menjelaskan prosedur penjadwalan proyek konstruksi
3.3.2
Menerapkan prosedur penjadwalan proyek konstruksi
4.3.1
Membuat diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.3.2
Membuat diagram batang jadwal pengadaan material
4.3.3
Membuat diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,3.4
Membuat diagram batang jadwal pengadaan peralatan
Penerapan prosedur penjadwalan proyek konstruksi






Pembuatan penjadwalan proyek konstruksi

20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengolah data tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang prosedur penjadwalan proyek konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.4
Menganalisa penjadwalan proyek konstruksi



4.4
Merancang penjadwalan proyek konstruksi
3.4.1
Menganalisa prosedur penjadwalan proyek konstruksi
3.4.2
Menganalisa prosedur penjadwalan proyek konstruksi
4.4.1
Merancang diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.4.2
Merancang diagram batang jadwal pengadaan material
4.4.3
Merancang diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,4.4
Merancang diagram batang jadwal pengadaan peralatan


Analisa prosedur penjadwalan proyek konstruksi





Perancangan penjadwalan proyek konstruksi
20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengolah data tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang analisa penjadwalan proyek konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.5
Mengevaluasi penjadwalan proyek konstruksi




4.5
Memperbaiki penjadwalan proyek konstruksi
3.3.1
Menjelaskan hasil evaluasi  penjadwalan proyek konstruksi
3.3.2
Mengevaluasi penjadwalan proyek konstruksi
4.3.1
Memperbaiki diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.3.2
Memperbaiki  diagram batang jadwal pengadaan material
4.3.3
Memperbaiki diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,3.4
Memperbaiki diagram batang jadwal pengadaan peralatan

Evaluasi penjadwalan proyek konstruksi





Perbaikan penjadwalan proyek konstruksi

10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengolah data tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang evaluasi penjadwalan proyek konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.6
Memahami konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi






4.6
Menyajikan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
3.6.1
Menjelaskan rumus pembobotan setiap jenis  pekerjaan konstruksi

3.6.2
Menjelaskan konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi

4.6.1
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6.2
Menyajikan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Pemahaman konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi









Penyajian pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengolah data tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.7
Menerapkan prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi








4.7
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
3.7.1
Menjelaskan prosedur pembobotan setiap jenis  pekerjaan konstruksi
3.7.2
Menerapkan konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi

4.7.1
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6.2
Menyajikan  pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Penerapan prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi









Pembuatan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi

30
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengolah data tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.8
Mengevaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi






4.8
Memperbaiki pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
3.6.1
Mengevaluasi  pembobotan setiap jenis  pekerjaan konstruksi
3.6.2
Mengevaluasi  hasil pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi terhadap harga total

4.6.1
Membuat pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
4.6.2
Memperbaiki pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi

Evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi







Perbaikan pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi

10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengolah data tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang evaluasi pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.9
Memahami konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek




4.9
Menyajikan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
3.9.1
Menjelaskan konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek 3.9.2
Menerapkan konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek 4.9.1
Menyajikan diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.9.2
Menyajikan digram batang jadwal pengadaan material
4.9.3
Menyajikan digram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,9.4
Menyajikan digram batang jadwal pengadaan peralatan


Pemahaman konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek



Penyajian jenis-jenis diagram penjadwalan proyek


20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
·      Mengumpulkan data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
·      Mengolah data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
·      Mengomunikasikan tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.10
Menerapkan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi




4.10
Membuat jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
3.10.1
Menerapkan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
 3.10.2
Menerapkan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi

4.10.1
Membuat diagram batang dan kurva S jadwal pelaksanaan proyek konstruksi
4.10.2
Membuat diagram batang jadwal pengadaan material
4.10.3
Menyajikan diagram batang jadwal pengadaan personil/tenaga kerja
4,10.4
Menyajikan diagram batang jadwal pengadaan peralatan

Penerapan tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi






Pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi

20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengolah data tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi

Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.11
Memahami konsep pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan







4.11
Menyajikan pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
 3.11.1
Menguraikan perencanaan organisasi proyek
3.11.2
Menjelaskan pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 3.11.3
Menjelaskan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
4.11.1
Menyajikan perencanaan organisasi proyek
4.11.2
Menyajikan pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 4.11.3
Menyajikan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan

Pemahaman konsep pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan






Penyajian pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengumpulkan data tentang  pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengolah data tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengomunikasikan tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.12
Menerapkan prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan






4.12
Melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
  3.12.1
Menerapkan prosedur pengelolaan  organisasi proyek
3.12.2
Menerapkan prosedur pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 3.12.3
Menerapkan prosedur pengelolaan bahan, dan peralatan
4.12.1
Menyajikan perencanaan organisasi proyek
4.11.2
Menyajikan pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 4.11.3
Menyajikan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan

Penerapan prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan







Pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan

18
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengumpulkan data tentang  prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengolah data tentang prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengomunikasikan tentang prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.13
Menganalisis pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan








4.13
Merancang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
3.13.1
Menganalisis  pengelolaan perencanaan organisasi proyek
3.13.2
Menjelaskan pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 3.13.3
Menjelaskan konsep pengelolaan bahan, dan peralatan
4.13.1
Merancang  perencanaan organisasi proyek
4.13.2
Merancang pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 4.13.3
Merancang konsep pengelolaan bahan, dan peralatan

Analisis pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan







Perancangan pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengumpulkan data tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengolah data tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengomunikasikan tentang pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.14
Mengevaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan









4.14
Memperbaiki pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
  3.14.1
Mengevaluasi hasil perencanaan organisasi proyek
3.14.2
Mengevaluasi pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 3.14.3
Mengevaluasi konsep pengelolaan bahan, dan peralatan



4.14.1
Memperbaiki perencanaan organisasi proyek
4.14.2
Memperbaiki pembentukan tim proyek dan pengisian personil proyek
 4.14.3
Memperbaiki konsep pengelolaan bahan, dan peralatan

Evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan










Perbaikan pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan

10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengumpulkan data tentang evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengolah data tentang evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
·      Mengomunikasikan tentang evaluasi pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.15
Memahami konsep pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi










4.15
Menyajikan pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
 3.15.1
Menjelaskan konsep pembuatan laporan harian

3.15.2
Menjelaskan konsep pembuatan laporan mingguan
3.15.3
Menjelaskan konsep pembuatan laporan bulanan
3.15.4
Menjelaskan konsep pembuatan laporan akhir

4.15.1
Menyajikan konsep pembuatan laporan harian

4.15.2
Menyajikan konsep pembuatan laporan mingguan
4.15.3
Menyajikan konsep pembuatan laporan bulanan
4.15.4
Menyajikan konsep pembuatan laporan akhir

Pemahaman konsep pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi










Penyajian pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi

40
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·       Mengumpulkan data tentang pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi Mengolah data tentang pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.16
Menerapkan prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi









4.16
Membuat  laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
3.16.1
Menerapkan konsep pembuatan laporan harian

3.16.2
Menerapkan konsep pembuatan laporan mingguan
3.16.3
Menerapkani konsep pembuatan laporan bulanan
3.16.4
Menerapkan konsep pembuatan laporan akhir

4.15.1
Menyajikan konsep pembuatan laporan harian

4.15.2
Menyajikan konsep pembuatan laporan mingguan
4.15.3
Menyajikan konsep pembuatan laporan bulanan
4.15.4
Menyajikan konsep pembuatan laporan akhir

Penerapan prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi









Pembuatan  laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi

20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengolah data tentang prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.17
Mengevaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi










4.17
Memperbaiki laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
3.17.1
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan harian

3.17.2
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan mingguan
3.17.3
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan bulanan
3.17.4
Mengevaluasi konsep pembuatan laporan akhir

4.17.1
Memperbaiki konsep pembuatan laporan harian

4.17.2
Memperbaiki konsep pembuatan laporan mingguan
4.17.3
Memperbaiki konsep pembuatan laporan bulanan
4.17.4
Memperbaiki konsep pembuatan laporan akhir

Evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi










Perbaikan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi

20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengumpulkan data tentang evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengolah data tentang evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
·      Mengomunikasikan tentang evaluasi pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.18
Memahami konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi













4.18
Menyajikan pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
3.18.1
Menjelaskan dokumen teknis yang harus di lengkapi untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konstruksi

3.18.2
Menjelaskan dokumen teknis yang harus disetujui oleh Konsultan Pengawas/Managemen Konstruksi,PPHP  dan PPK untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

 4.18.1
Melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen teknis
4.18.2
Menyajikan hasil  pemeriksaan dokemen teknis untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

Pemahaman konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi













Penyajian pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·      Mengumpulkan data tentang konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·      Mengolah data tentang konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·      Mengomunikasikan tentang konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.19
Menerapkan prosedur  pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi












4.19
Membuat pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
3.19.1
Menjelaskan prosedur dokumen teknis yang harus di lengkapi untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konstruksi

3.19.2
Menjelaskan  prosedur dokumen teknis yang harus disetujui oleh Konsultan Pengawas/Managemen Konstruksi,PPHP  dan PPK untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

 4.19.1
Membuat pemeriksaan kelengkapan dokumen teknis
4.19.2
Memperbaiki hasil  pemeriksaan dokumen teknis untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konstruksi

Penerapan prosedur  pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi










Pembuatan pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penerapan prosedur  pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·      Mengumpulkan data tentang penerapan prosedur  pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·      Mengolah data tentang penerapan prosedur  pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·      Mengomunikasikan tentang penerapan prosedur  pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.20
Mengevaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi














4.20
Membuat pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
3.20.1
Menjelaskan  hasil evaluasi dokumen teknis yang harus di lengkapi untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konstruksi

3.20.2
Mengevaluasi  dokumen teknis yang harus disetujui oleh Konsultan Pengawas/Managemen Konstruksi,PPHP  dan PPK untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

 4.20.1
Melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen teknis
4.20.2
Menyajikan hasil  pemeriksaan dokemen teknis untuk pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

Evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi















Pembuatan pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi

10
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·         Mengumpulkan data tentang evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·         Mengolah data tentang evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
·         Mengomunikasikan tentang evaluasi pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi



Keterangan Pengisian Format Silabus

Nama Sekolah      : diisi nama SMK yang bersangkutan.

Bidang Keahlian  : diisi nama Bidang Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.

Kompetensi Keahlian     :         diisi nama Kompetensi Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.

Mata Pelajaran     : diisi nama mata pelajaran sesuai Struktur Kurikulum berdasarkan Kepdirjen Nomor 130/D/KEP/KR/2017.

Durasi (Waktu)     : diisi jumlah waktu mata pelajaran secara keseluruhan.

KI-1                      : diisi rumusan Kompetensi Inti 1 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.

KI-2                      : diisi rumusan Kompetensi Inti 2 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.

KI-3                      : diisi rumusan Kompetensi Inti 3 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.

KI-4                      : diisi rumusan Kompetensi Inti 4 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.

Kolom 1:     diisi nomor dan rumusan pasangan KD yang dipindahkan dari format KI dan KD mata pelajaran yang bersangkutan.
Kolom 2:     diisi dengan rumusan IPK yang merupakan rincian standar minimal kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Kolom 3:     diisi dengan Materi Pokok yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk menguasai KD berdasarkan IPK. Khusus untuk materi mata pelajaran peminatan kejuruan (C2 dan C3) dapat mempertimbangkan KUK dan batasan variabel/lingkup variabel/range of variabel SKK yang diacu.
Kolom 4:     diisi dengan Alokasi Waktu jam pelajaran yang disediakan untuk mempelajari pasangan KD.
Kolom 5:     diisi dengan pokok-pokok proses pembelajaran berpendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik pasang KD
Kolom 6:     diisi dengan Aspek, Pendekatan, dan Teknik Penilaian yang disarankan.





A.    Struktur Kurikulum

1.      Struktur Umum Kurikulum Pendidikan Menengah
Untuk mewadahi konsep kesamaan muatan antara SMA/MA dan SMK/MAK, maka dikembangkan Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah, terdiri atas Kelompok Mata Pelajaran Wajib dan Mata Pelajaran Pilihan. Mata pelajaran wajib mencakup 9 (sembilan) mata pelajaran dengan beban belajar 24 jam pelajaran per minggu. Isi kurikulum (Kompetensi Inti dan KD) dan kemasan substansi untuk mata pelajaran wajib bagi SMA/MA dan SMK/MAK adalah sama.
Mata pelajaran pilihan terdiri atas pilihan akademik untuk SMA/MA serta pilihan akademik dan vokasional untuk SMK/MAK. Mata pelajaran pilihan ini memberi corak kepada fungsi satuan pendidikan, dan di dalamnya terdapat pilihan sesuai dengan minat peserta didik.
Struktur ini menerapkan prinsip bahwa peserta didik merupakan subjek dalam belajar yang memiliki hak untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minatnya.


Tabel 1
Struktur Umum Kurikulum Pendidikan Menengah


MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
X
XI
XII
Kelompok A (Wajib)



1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4.
Matematika
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
2
2
2
6.
Bahasa Inggris
2
2
2
Kelompok B (Wajib)



7.
Seni Budaya*
2
2
2
8.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
3
3
3
9.
Prakarya dan Kewirausahaan
2
2
2
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu
24
24
24
Kelompok C (Peminatan)



Mata Pelajaran Peminatan Akademik (SMA/MA)
Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi  (SMK/MAK)
18
24
20
24
20
24
Jumlah Jam Pelajaran yang harus ditempuh per minggu (SMA/MA)

Jumlah Jam Pelajaran yang harus ditempuh per minggu (SMK/MAK)
42


48
44


48
44


48

Mata pelajaran Kelompok A dan C adalah kelompok mata pelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B adalah kelompok mata pelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Kegiatan Ekstrakurikuler SMA/MA dan SMK/MAK meliputi: Pramuka (wajib), OSIS, UKS, PMR, dan lain-lain, diatur lebih lanjut dalam bentuk Pedoman Program Ekstrakurikuler.








Tabel 2
Struktur Umum Kurikulum SMK/MAK
(Program 3 Tahun)

MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
X
XI
XII
Kelompok A (Wajib)



1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4.
Matematika
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
2
2
2
6.
Bahasa Inggris
2
2
2
Kelompok B (Wajib)



7.
Seni Budaya*
2
2
2
8.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
3
3
3
9.
Prakarya dan Kewirausahaan
2
2
2
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu
24
24
24
Kelompok C (Peminatan)



Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi (SMK/MAK)
24
24
24
Jumlah Jam Pelajaran yang harus ditempuh per-minggu
48
48
48

Keterangan:
       :    pembelajaran dapat dilaksanakan di satuan pendidikan dan/atau di industri (terintegrasi dengan Praktik Kerja Lapangan) dengan Portofolio sebagai instrumen utama penilaian.








a.      Struktur Kurikulum SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

Tabel 4
Struktur Kurikulum SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4
Matematika
4
4
4
4
4
4
5
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
6
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (Wajib)
7
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
8
Prakarya dan Kewirausahaan
2
2
2
2
2
2
9
Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)
C1.  Dasar Bidang Keahlian
10
Fisika
2
2
2
2
-
-
11
Kimia
2
2
2
2
-
-
12
Gambar Teknik
2
2
2
2
-
-
C2.  Dasar Program Keahlian
18
18
-
-
-
-
C3.  Paket Keahlian
-
-
18
18
24
24
TOTAL
48
48
48
48
48
48









Kompetensi Inti dan Kompetensi DasarPrakarya dan Kewirausahaan

 

 

REKAYASA
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1   Menghayati keberagaman benda produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1      Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa   di wilayah setempat dan lainnya
2.2      Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya
2.3      Menunjukkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin  dan bertanggung jawab dalam merancang dan membuat  produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir 

3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1      Memahami aneka jenis karya rekayasa yang digunakan sebagai alat komunikasi dan alat kontrol dengan sumber arus listrik dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
3.2      Mengetahui bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan alat komunikasi dan alat kontrol dengan sumber arus listrik di wilayah setempat dan lainnya.
3.3      Menerapkan prosedur pembuatan alat komunikasi dan alat kontrol dengan sumber arus listrik

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1      Membuat produk alat komunikasi sederhana bersumber arus listrik DC
4.2      Membuat produk teknologi yang menggunakan alat kontrol dengan sumber arus listrik melalui proses alur produksi










KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Menghayati keberagaman produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1      Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa   di wilayah setempat dan lainnya
2.2      Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya
2.3      Menunjukkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin  dan bertanggung jawab dalam merancang dan membuat  produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir 

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1      Memahami konsep aneka jenis karya rekayasa yang memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik dan produk penggerak menggunakan sistem komputer dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
3.2      Mengetahui bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan pembangkit listrik dan produk penggerak menggunakan sistem komputer
3.3      Menerapkan prosedur pembuatan pembangkit listrik dan produk penggerak menggunakan sistem komputer
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1      Membuat pembangkit listrik menggunakan tenaga alam di wilayah setempat sesuai proses alur produksi
4.2      Membuat produk penggerak yang menggunakan sistem komputer









REKAYASA

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Menghayati keberagaman produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1      Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa   di wilayah setempat dan lainnya
2.2      Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya
2.3      Menunjukkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin  dan bertanggung jawab dalam merancang dan membuat  produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir 

3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1      Memahami konsep desain dan fungsi dari aneka jenis karya rekayasa teknologi inovatif  yang dibuat berdasarkan sumber daya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
3.2      Mengetahui bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan karya rekayasa inovatif dengan bahan dari wilayah setempat dan lainnya.
3.3      Menerapkan prosedur pembuatan karya rekayasa inovatif sesuai wilayah setempat  dan lainnya
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1      Membuat produk elektronika dengan kendali otomatis sesuai proses alur produksi
4.2      Membuat produk robotik dengan bahan yang tersedia














Tidak ada komentar:

Posting Komentar