Selasa, 25 September 2018

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia

C-2         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2        Menyadari keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3        Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.  
2.2        Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3        Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami peran kimia dalam kehidupan
3.2        Menganalisis  struktur atom berdasarkan model atom Bohr dan teori atom modern
3.3        Menganalisis hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
3.4        Memahami  proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.5        Menganalisis  sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
3.6        menganalisis  perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.7        Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
3.8        Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
3.9        Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan.
3.10    Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan  mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
3.11    Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam kehidupan.
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Mengevaluasi berbagai  peran kimia dalam kehidupan.
4.2        Menalar terjadinya kasus-kasus pembentukan  senyawa dengan menggunakan  konsep atom 
4.3        Mengevaluasi  hubungan konfigurasi elektron dengan  letak unsur dalam tabel periodik
4.4        Mengklasifikasi ikatan kimia dan ikatan ion berdasarkan sifat fisis senyawa,  dan proses pembentukannya
4.5        Membuktikan  sifat-sifat  larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
4.6        Membuktikan peristiwa  reaksi reduksi oksidasi
4.7        Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
4.8        Mengolah data terkait konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
4.9        Menggunakan sel volta untuk  memecahkan kasus-kasus kehidupan.
4.10     Membuktikan proses terjadinya korosi untuk mengatasi masalah  korosi
4.11     Membuktikan proses terjadinya  sel elektrolisis.

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, koloid, senyawa karbon dan polimer sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2        Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam sebagai anugerah Tuhan YME dan dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2        Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3        Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
3.2        Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
3.3        Memahami dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
3.4        Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5        Memahami  DH reaksi berdasarkan hukum Hess
3.6        Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7        Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
3.8        Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
3.9        Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
3.10    Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
3.11    Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
3.12    Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan polimer
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Mengklasifikasi senyawa hidrokarbon berdasarkan  struktur, sifat senyawa , dan  kekhasan atom karbon
4.2        Membuktikan  proses pembentukan dan pemisahan fraksi-fraksi minyak
4.3        Menyusun rencana  penyehatan lingkungan akibat  pembakaran senyawa hidrokarbon di suatu daerah
4.4        Membuktikan proses  terjadinya reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
4.5        Menggunakan  Hukum Hess untuk menghitung  DH suatu reaksi
4.6        Mengevaluasi  terjadinya  reaksi kimia dengan menggunakan   teori tumbukan (tabrakan)
4.7        Membuktikan  proses laju reaksi  dari berbagai faktor yang mempengaruhinya
4.8        Membuktikan  faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
4.9        Mengukur derajat  keasaman larutan
4.10    Membuat larutan koloid
4.11    Mengklasifikasi berbagai  senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) berdasarkan sifat-sifatnya
4.12    Memilih bahan polimer berdasarkan  sifat-sifatnya.



C-3         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Gambar Teknik


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan garis-garis gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda
1.2    Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi
2.2    Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
2.3    Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas  menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1    Memilih peralatan dan kelengkapan gambar teknik berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
3.2    Membedakan garis-garis gambar teknik berdasarkan bentuk dan fungsi garis
3.3    Mengklarifikasi huruf, angka dan etiket gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
3.4    Mengelompokkan gambar konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
3.5    Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
3.6    Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1    Menggunakan peralatan dan kelengkapan gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan
4.2    Menyajikan garis-garis gambar teknik sesuai bentuk dan fungsi garis
4.3    Merancang huruf, angka dan etiket gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
4.4    Menyajikan gambar konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
4.5    Menyajikan gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi piktorial
4.6    Menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi orthogonal

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan pemotongan gambar benda teknik dan penempatan ukuran pada gambar teknik
1.2       Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar potongan dan  penempatan ukuran benda pada gambar teknik .
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menerapkan aturan pemotongan dan penempatan ukuran dalam gambar teknik
2.2        Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  melakukan pemotongan dan penempatan ukuran dalam gambar teknik .
2.3        Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas  menggambar potongan  dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1       Menggunakan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan  sesuai konsep dan prosedur gambar potongan
3.2        Memprediksi penerapan jenis gambar potongan berdasarkan jenis potongan sesuai aturan potongan dalam satu bidang, lebih dari satu bidang,  setengah, setempat, diputar, berurutan, dan potongan melintang
3.3        Memahami konsep penyajian bidang benda yang tidak boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik
3.4        Menggunakan aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar berdasarkan komponen Garis ukuran, Garis bantu ukuran, Batas ukuran, Angka dan simbol ukuran
3.5        Memprediksi dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar
3.6        Memahami konsep sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus  berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Menyajikan gambar potongan sesuai tanda pemotongan dan aturan tata letak hasil gambar potongan
4.2        Menalar penerapan jenis gambar potongan berdasarkan jenis potongan sesuai aturan potongan dalam satu bidang, lebih dari satu bidang,  setengah, setempat, diputar, berurutan, dan potongan melintang
4.3        Menyajikan bidang benda yang tidak boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik
4.4        Menyajikan  komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik.
4.5        Menalar penerapan dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar teknik.
4.6        Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus  berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.

Lampiran D.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Kealian Pada Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

D-1         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Fisika


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)
3.2        Memahami gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan
3.3        Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan kecepatan konstan dan penerapannya dalam teknologi
3.4        Memahami hukum –hukum Newton
3.5        Memahami konsep gerak translasi dan rotasi
3.6        Memahami konsep keseimbangan benda tegar
3.7        Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
3.8        Memahami konsep usaha, energi dan daya
3.9        Mendiskripsikan sifat elastisitas material dari suatu bahan
3.10    Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis
3.11    Mendiskripsikan konsep suhu dan kalor
3.12    Memahami pengaruh kalor terhadap zat
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.
4.2        Menyajikan data dan grafik hasil percobaan perpindahan - waktu untuk mengetahui, kecepatan, dan kecepatan –waktu  untuk mengetahui percepatan
4.3        Menyajikan hasil analisis berdasarkan pengamatan terkait  dengan gerak melingkar
4.4        Menggunakan  hukum Newton dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari
4.5        Merencanakan dan melaksanakan percobaan  gerak translasi dan rotasi
4.6        Merencanakan dan melaksanakan percobaan keseimbangan benda tegar
4.7        Menggunakan konsep impuls dan momentum dalam memecahkan masalah sehari-hari
4.8        Menyajikan hasil analisis berdasarkan hasil pengamatan tentang usaha, energi dan daya dalam kehidupan sehari-hari
4.9        Merencanakan dan melaaksanakan percobaan berkaitan dengan elastisitas suatu bahan
4.10    Menyajikan hasil analisis berdasarkan pengamatan/percobaan  berkaitan dengan  sifat-sifat fluida statik dan dinamik
4.11    Mengolah hasil penyelidikan yang berkaitan dengan suhu dan kalor
4.12    Menyaji hasil penyelidikan mengenai cara perpindahan kalor

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik bunyi, cahaya, gas, fenomena optik, gelombang, listrik, dan magnet
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami sifat, persamaan gas dan hukum-hukum  thermodinamika
3.2        Mendiskripsikan konsep gelombang mekanik dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
3.3        Memahami konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
3.4        Menganalisis penggunaan alat–alat optik dalam kehidupan sehari–hari dan teknologi
3.5        Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
3.6        Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
3.7        Menganalis gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi  potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
3.8        Menganalisis induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
3.9        Memahami fenomena induksi elektromagnetik  berdasarkan percobaan
3.10    Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi dan dampaknya pada kehidupan
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Merencanakan dan melaksanakan percobaan sifat gas dan hukum thermodinamika
4.2        Merencanakan dan melaksanakan pengamatan konsep gelombang mekanik dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
4.3        Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi gelombang cahaya
4.4        Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik untuk keperluan dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
4.5        Merencanakan dan melaksanakan percobaan rangkaian listrik searah (DC)
4.6        Memecahkan masalah terkait rangkaian arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
4.7        Menyajikan data dan informasi tentang kapasitor dan manfaatnya dalam kehidupan sehari
4.8        Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya magnetik disekitar kawat berarus listrik
4.9        Mencipta produk sederhana dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik
4.10    Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan



D-2         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pemrograman Dasar


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2        Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
3.2        Memahami struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
3.3        Memahami struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan serta
3.4        Menerapkan bahasa pemrograman
3.5        Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
3.6        Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
3.7        Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman
3.8        Menerapkan keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan
4.2        Menggunakan algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan
4.3        Memecahkan permasalahan dengan algoritma perulangan
4.4        Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
4.5        Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
4.6        Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol percabangan
4.7        Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol perulangan
4.8        Menganalisa kesalahan dalam program komputer

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2        Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.
1.4        Meningkatkan nilai-nilai keimanan dalam upaya untuk mencegah pengaruh negatif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Mendiskripsikan operasi aritmatika
3.2        Mendiskripsikan operasi logika
3.3        Memahami penggunaan array 1 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.4        Memahami penggunaan array 2 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.5        Memahami penggunaan array multidimensi untuk penyimpanan data di memori
3.6        Memahami operasi string
3.7        Mendiskripsikan konversi antar tipe data
3.8        Memahami konsep pointer
3.9        Mendiskripsikan penggunaan fungsi
3.10    Memahami penggunaan fungsi rekursif
3.11    Menerapkan pointer ke fungsi
3.12    Menerapkan header file dalam pemrograman
3.13    Menerapkan logika pencarian data
3.14    Menerapkan logika pengurutan data
3.15    Menerapkan bahasa pemrograman pada aplikasi bisnis
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Memecahkan permasalahan perhitungan dengan operasi aritmatika
4.2        Memecahkan permasalahan logika dengan operasi logika
4.3        Menyajikan kumpulan data berdimensi 1 dalam bentuk array
4.4        Menyajikan kumpulan data berdimensi 2 dalam bentuk array
4.5        Menyajikan kumpulan data berdimensi banyak dalam bentuk array
4.6        Memecahkan permasalahan terkait operasi string
4.7        Memecahkan masalah konversi antar tipe data
4.8        Memodifikasi data melalui pointer
4.9        Memecahkan masalah prosedural menggunakan konsep fungsi
4.10    Memecahkan masalah prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
4.11    Memodifikasi data melalui pointer ke fungsi
4.12    Memodifikasi program prosedural menggunakan header file
4.13    Menyajikan logika pencarian data pada aplikasi bisnis
4.14    Menyajikan logika pengurutan data pada aplikasi bisnis
4.15    Memecahkan kasus aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural



D-3         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sistem Komputer


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal)
3.2        Memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
3.3        Memahami operasi Aritmatik
3.4        Memahami Arithmatic Logic Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
3.5        Memahami rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
3.6        Memahami organisasi dan arsitektur komputer
3.7        Memahami media penyimpan data eksternal (magnetik disk, RAID, optical disk dan pita magnetik)
3.8        Menganalisis memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas,satuan,cara akses,kinerja,tipe fisik,dan karakteristik fisik)
3.9        Memahami memori semikonduktor (RAM, ROM, PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM)
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Menggunakan sistem bilangan (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi
4.2        Merencanakan rangkaian penjumlahan dan pengurangan dengan gerbang logika (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
4.3        Melaksanakan percobaan Aritmatik Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
4.4        Menerapkan operasi aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit
4.5        Merencanakan dan membuat rangkaian Counter up dan Counter down
4.6        Menyajikan gambar struktur sistem komputer Von Neumann
4.7        Membedakan beberapa alternatif pemakaian beberapa media penyimpan data (semikonduktor, magnetik disk, RAID, optical disk dan pita magnetik)
4.8        Menyajikan gagasan untuk merangkai beberapa memori dalam sistem komputer
4.9        Menerapkan sistem bilangan pada memori semikonduktor ( adress dan data )

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami sistem input-proses-output
3.2        Memahami Perangkat Eksternal /pheriperal
3.3        Memahami struktur dan interkoneksi bus.
3.4        Memahami dan menganalisis kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram
3.5        Memahami organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing)
3.6        Memahami struktur CPU dan fungsi CPU
3.7        Memahami karakteristik set instruksi (operand dan operasi)
3.8        Memahami mode dan format pengalamatan
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Merencanakan dan membuat perangkat  input –proses-output dengan menggunakan modul I/O terprogram
4.2        Merangkai Perangkat Eksternal dengan console unit
4.3        Menggunakan struktur dan interkoneksi bus untuk membuat jaringan
4.4        Menggunakan kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram untuk memecahkan masalah.
4.5        Menggunakan organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing) untuk memecahkan masalah
4.6        Membuat rangkaian internal CPU
4.7        Menggunakan set instruksi (operand dan operasi) untuk memecahkan masalah
4.8        Menggunakan mode dan format pengalamatan untuk memecahkan masalah



Lampiran E.     Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian Pada Bidang Keahlian Kesehatan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan


E-1         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Fisika


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami besaran pokok dan turunannya
3.2        Mendeskripsikan konsep gerak dan gaya
3.3        Mendeskripsikan konsep gerak translasi dan rotasi
3.4        Menjelaskan konsep benda tegar
3.5        Mendeskripsikan konsep usaha, energi dan hukum kekekalan energi
3.6        Mendeskripsikan konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
3.7        Mendeskripsikan konsep elastisitas bahan dan hukum Hooke
3.8        Mendeskripsikan konsep suhu dan kalor serta pengaruh kalor terhadap zat
3.9        Mendeskripsikan hukum fluida statis dan dinamis
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Mengukur besaran-besaran pokok dan konversinya
4.2        Menghitung  gerak lurus, gerak melingkar, dan gaya gesek terkait bidang kesehatan
4.3        Menghitung gerak translasi dan rotasi  untuk memecahkan masalah pada bidang kesehatan
4.4        Menghitung keseimbangan benda tegar  pada bidang kesehatan
4.5        Menghitung usaha, energi dan hukum kekekalan energi terkait dengan bidang pariwisata
4.6        Menghitung hubungan impuls dan momentum  terkait penggunaannya di bidang kesehatan
4.7        Menentukan kekuatan bahan  yang digunakan pada kesehatan sesuai dengan konsep elastisitas
4.8        Mengukur suhu dan kalor terkait bidang kesehatan serta membandingkan  pengaruh kalor terhadap berbagai zat di bidang kesehatan
4.9        Menghitung fluida statis dan dinamis di bidang kesehatan

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Mendeskripsikan hukum-hukum  termodinamika
3.2        Mendeskripsikan hukum getaran, gelombang, dan bunyi
3.3        Mendeskripsikan konsep kemagnetan dan elektromagnet
3.4        Mendeskripsikan konsep cermin dan lensa
3.5        Mendeskripsikan konsep listrik statis dan dinamis
3.6        Mendeskripsikan konsep listrik arus searah
3.7        Mendeskripsikan konsep listrik arus bolak- balik
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Melakukan pengobatan dengan menggunakan energy panas dan dingin
4.2        Menghitung getaran, gelombang, dan bunyi terkait bidang kesehatan
4.3        Memghitung  hukum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan sederhana
4.4        Menghitung hukum pemantulan dan pembiasan
4.5        Membedakan listrik statis dan dinamis melalui percobaan
4.6        Menghitung daya dan energi listrik arus searah
4.7        Menghitung daya dan energi listrik arus bolak-balik


E-2         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami  konsep materi dan perubahannya
3.2        Memahami  konsep unsur dan senyawa
3.3        Memahami  persamaan reaksi
3.4        Menjelaskan perkembangan teori atom dan konfigurasi elektron
3.5        Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
3.6        Memahami  tata nama senyawa sederhana
3.7        Memahami  hukum dasar kimia
3.8        Memahami konsep mol
3.9        Mendeskripsikan jenis-jenis reaksi kimia
3.10    Menjelaskan sel elektrokimia
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Menggunakan  konsep perubahan materi untuk pemecahan masalah kehidupan
4.2        Mengklasifikasi kasus sehari-hari berdasarkan sifat-sifat unsur dan senyawa
4.3        Menalar kasus-kasus  yang terjadi sehari-hari berdasarkan konsep  persamaan reaksi
4.4        Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron dengan  tabel periodik
4.5        Mengklasifikasi  ikatan ion dan ikatan kovalen
4.6        Merumuskan nama senyawa dengan  menggunakan tata nama senyawa sederhana
4.7        Menggunakan  hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia
4.8        Menggunakan  konsep mol  dan  persamaan reaksi untuk memecahkan masalah sehari-hari
4.9        Membedakan jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan
4.10    Menggunakan  sel elektrokimia  untuk memecahkan masalah sehari-hari

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Peduli  terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami  konsep larutan
3.2        Memahami  teori Asam Basa
3.3        Mendeskripsikan konsep kesetimbangan kimia
3.4        Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi
3.5        Memahami  entalpi dan perubahan entalpi
3.6        Menjelaskan sifat koligatif larutan
3.7        Mendeskripsikan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.8        Memahami kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon
3.9        Mendeskripsikan konsep polimer
3.10    Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat dan penggolongan biomolekul (air, karbohidrat, protein, lipida dan asam nukleat)
3.11    Menjelaskan prinsip pemisahan kimia dan analisis kuantitatif
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1         Membuat larutan dengan berbagai konsentrasi
4.2         Mengukur pH larutan
4.3         Membuktikan berbagai faktor yang  mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia
4.4         Membuktikan  faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi
4.5         Membuktikan proses  entalpi reaksi
4.6         Membuktikan sifat koligatif larutan elektrolit dengan nonelektrolit
4.7         Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya serta menganalisis sifat-sifat dari sistem koloid yang dibuat.
4.8         Menggolongkan senyawa hidrokarbon dan turunannya
4.9         Mengklasifikasikan  jenis polimer  berdasarkan sifat-sifatnya
4.10     Memilih  biomolekul (air, karbohidrat, protein, lipida dan asam nukleat) berdasarkan sifat-sifatnya
4.11     Melakukan pemisahan  zat dari campurannya dan menentukan kadar suatu zat melalui analisis kuantitatif


E-3         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Biologi


KELAS: X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2        Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
2.2        Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Mendeskripsikan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2        Mendeskripsikan tentang sanitasi lingkungan berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.3        Mengdeskripsikan  berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia melalui hasil obesrvasi
3.4        Mendeskripsikan struktur anatomi tubuh manusia
3.5        Menganalisis ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
3.6        Mendiskripsikan archaebacteria dan eubacteria  dalam bidang kesehatan  melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
3.7        Menganalisis ciri-ciri dan cara reproduksi jamur
3.8        Memahami peran enzim dalam proses  metabolisme
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Mengidentifikasi berbagai bahaya di tempat kerja
4.2        Mengidentifikasi data tentang sanitasi lingkungan sesuai bidang kesehatan dan Pekerjaan Sosial dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis
4.3        Melakukan analisis ekologi di lingkungan sekitar
4.4        Menyajikan hasil kajian  struktur anatomi tubuh manusia
4.5        Menyajikan data   hasil pengamatan tentang ciri, replikasi dan peran virus  dalam kehidupan dengan berbagai media
4.6        Menyajikan data ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan
4.7        Menyajikan data hasil pengamatan  ciri dan peran  jamur (khamir dan kapang )  dalam  kehidupan dan lingkungan 
4.8        Menalar  cara kerja enzim  dalam   proses metabolisme tumbuhan dan hewan melalui proses pengamatan

KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2        Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
1.3        Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/ laboratorium
2.2        Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak pada manusia
3.2        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi
3.3        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan
3.4        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi
3.5        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi
3.6        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi (peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan)
3.7        Menganalisis bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.
3.8        Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ reproduksi
3.9        Memahami prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk  melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM (pemberian ASI ekslusif)
3.10    Memahami prinsip-prinsip sistem immun (program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh)
3.11    Mendeskripsikan peran enzim dalam proses  Metabolisme.
3.12    Mengklasifikasikan produk bioteknologi dalam bidang kesehatan dan kedokteran
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang menyebabkan gangguan sistem gerak manusia
4.2        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia
4.3        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia
4.4        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan pada struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan  yang menyebabkan gangguan sistem respirasi manusia
4.5        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia
4.6        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan pada struktur dan fungsi saraf
4.7        Menyajikan data bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat berdasarkan hasil pengamatan
4.8        Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia
4.9        Menyajikan data penanggulangan  pertambahan penduduk  melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM (pemberian ASI ekslusif)
4.10    Menalar prinsip-prinsip sistem immun (program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh)
4.11    Membedakan cara kerja enzim dan respirasi aerob
4.12    Mengklasifikasikan produk bioteknologi dalam bidang kesehatan dan kedokteran






Tidak ada komentar:

Posting Komentar