C-2 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Menyadari
keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan
Tuhan YME
1.3
Menyadari
keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia
sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami peran kimia dalam kehidupan
3.2
Menganalisis
struktur atom berdasarkan model atom Bohr dan teori atom modern
3.3
Menganalisis
hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
3.4
Memahami proses pembentukan ikatan ion, ikatan
kovalen, dan ikatan
logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan
hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.5
Menganalisis
sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya
hantar listriknya.
3.6
menganalisis
perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta menentukan bilangan
oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.7
Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa
anorganik dan organik sederhana.
3.8
Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan
perhitungan kimia.
3.9
Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam
contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan.
3.10
Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
3.11
Memahami
gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam
kehidupan.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengevaluasi
berbagai peran kimia dalam kehidupan.
4.2
Menalar
terjadinya kasus-kasus pembentukan
senyawa dengan menggunakan konsep
atom
4.3
Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
4.4
Mengklasifikasi
ikatan kimia dan ikatan ion berdasarkan sifat fisis senyawa, dan proses pembentukannya
4.5
Membuktikan
sifat-sifat larutan elektrolit
dan larutan non elektrolit
4.6
Membuktikan peristiwa reaksi reduksi oksidasi
4.7
Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa
anorganik dan organik sederhana.
4.8
Mengolah data
terkait
konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan
konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
4.9
Menggunakan sel volta untuk memecahkan kasus-kasus kehidupan.
4.10 Membuktikan
proses terjadinya korosi untuk mengatasi masalah korosi
4.11 Membuktikan
proses terjadinya sel elektrolisis.
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia, larutan, koloid, senyawa karbon
dan polimer sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam sebagai anugerah Tuhan YME dan dapat digunakan
untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli
lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis struktur dan sifat
senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom karbon dan penggolongan
senyawanya
3.2
Memahami proses pembentukan dan teknik
pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
3.3
Memahami dampak pembakaran senyawa
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
3.4
Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5
Memahami DH
reaksi berdasarkan hukum Hess
3.6
Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
3.8
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
3.9
Menganalisis sifat larutan berdasarkan
konsep asam basa dan/atau pH larutan.
3.10
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
3.11
Menganalisis struktur, tata nama,
sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana,
alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
3.12
Menganalisis struktur, tata nama,
sifat dan penggolongan polimer
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengklasifikasi
senyawa hidrokarbon berdasarkan struktur,
sifat senyawa , dan kekhasan atom
karbon
4.2
Membuktikan
proses pembentukan dan pemisahan fraksi-fraksi minyak
4.3
Menyusun rencana
penyehatan lingkungan akibat
pembakaran senyawa hidrokarbon di suatu daerah
4.4
Membuktikan proses
terjadinya reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
4.5
Menggunakan
Hukum Hess untuk menghitung DH suatu reaksi
4.6
Mengevaluasi terjadinya
reaksi kimia dengan menggunakan
teori tumbukan (tabrakan)
4.7
Membuktikan proses laju reaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhinya
4.8
Membuktikan
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang
diterapkan dalam industri.
4.9
Mengukur derajat
keasaman larutan
4.10
Membuat larutan koloid
4.11
Mengklasifikasi berbagai senyawa karbon (halo alkana, alkanol,
alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
berdasarkan sifat-sifatnya
4.12
Memilih bahan polimer berdasarkan sifat-sifatnya.
|
C-3 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Gambar Teknik
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari
sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda
dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan garis-garis
gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar
konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa
ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas menggambar konstruksi
garis dan gambar proyeksi
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
2.3
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas menggambar konstruksi
geometris dan gambar proyeksi
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memilih peralatan dan
kelengkapan gambar teknik berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
3.2
Membedakan garis-garis gambar teknik berdasarkan
bentuk dan fungsi garis
3.3
Mengklarifikasi huruf, angka dan etiket gambar
teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
3.4
Mengelompokkan gambar konstruksi geometris
berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
3.5
Mengintegrasikan
persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
3.6
Mengintegrasikan
persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar
proyeksi
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menggunakan peralatan dan
kelengkapan gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan
4.2
Menyajikan
garis-garis gambar teknik sesuai bentuk dan fungsi garis
4.3 Merancang huruf, angka dan etiket gambar teknik sesuai
prosedur dan aturan penerapan
4.4
Menyajikan
gambar konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
4.5
Menyajikan
gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi
piktorial
4.6
Menyajikan
gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi
orthogonal
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari
sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda
dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan pemotongan gambar
benda teknik dan penempatan ukuran pada gambar teknik
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar
potongan dan penempatan ukuran benda
pada gambar teknik .
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa
ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menerapkan aturan pemotongan dan penempatan ukuran dalam gambar teknik
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan
masalah perbedaan
konsep berpikir dan cara melakukan pemotongan dan penempatan ukuran
dalam gambar teknik .
2.3
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas menggambar potongan dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menggunakan
aturan tanda
pemotongan dan letak hasil gambar potongan sesuai
konsep dan prosedur gambar potongan
3.2
Memprediksi penerapan
jenis gambar potongan berdasarkan jenis potongan
sesuai aturan potongan
dalam satu bidang, lebih dari
satu bidang, setengah, setempat, diputar, berurutan, dan potongan
melintang
3.3
Memahami konsep penyajian
bidang benda yang tidak boleh dipotong sesuai
prinsip gambar teknik
3.4
Menggunakan aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran
gambar berdasarkan komponen Garis ukuran, Garis bantu ukuran, Batas
ukuran, Angka dan simbol ukuran
3.5
Memprediksi dasar pembuatan
ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar
3.6
Memahami konsep sistem
pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan
ukuran langkah pengerjaan benda.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menyajikan gambar
potongan sesuai tanda
pemotongan dan aturan tata letak
hasil gambar potongan
4.2
Menalar penerapan jenis
gambar potongan berdasarkan jenis potongan sesuai aturan potongan dalam
satu bidang, lebih dari satu bidang, setengah, setempat, diputar, berurutan, dan potongan melintang
4.3
Menyajikan
bidang benda yang tidak boleh dipotong sesuai
prinsip gambar teknik
4.4
Menyajikan komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas
ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda
ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik.
4.5
Menalar penerapan
dasar
pembuatan ukuran sesuai bagian yang
berfungsi dan pandangan utama gambar teknik.
4.6
Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan
ukuran langkah pengerjaan benda.
|
Lampiran
D. Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar Kelompok Mata
Pelajaran Dasar Bidang Kealian Pada Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
D-1 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Fisika
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran
(ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)
3.2
Memahami gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan
3.3
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan kecepatan
konstan dan penerapannya dalam teknologi
3.4
Memahami hukum –hukum Newton
3.5
Memahami konsep gerak translasi dan rotasi
3.6
Memahami konsep keseimbangan benda tegar
3.7
Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
3.8
Memahami konsep usaha, energi dan daya
3.9
Mendiskripsikan sifat elastisitas material dari suatu bahan
3.10 Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan
fluida statis dan dinamis
3.11 Mendiskripsikan konsep suhu dan kalor
3.12 Memahami pengaruh kalor terhadap zat
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah.
4.2
Menyajikan data dan grafik hasil
percobaan perpindahan - waktu untuk mengetahui, kecepatan, dan kecepatan
–waktu untuk mengetahui percepatan
4.3
Menyajikan hasil analisis berdasarkan
pengamatan terkait dengan gerak
melingkar
4.4
Menggunakan hukum Newton dalam memecahkan masalah
kehidupan sehari-hari
4.5
Merencanakan dan melaksanakan
percobaan gerak translasi dan rotasi
4.6
Merencanakan dan melaksanakan percobaan
keseimbangan benda tegar
4.7
Menggunakan konsep impuls dan momentum
dalam memecahkan masalah sehari-hari
4.8
Menyajikan hasil analisis berdasarkan
hasil pengamatan tentang usaha, energi dan daya dalam kehidupan sehari-hari
4.9
Merencanakan dan melaaksanakan percobaan
berkaitan dengan elastisitas suatu bahan
4.10
Menyajikan hasil analisis berdasarkan pengamatan/percobaan berkaitan dengan sifat-sifat fluida statik dan dinamik
4.11
Mengolah hasil penyelidikan yang
berkaitan dengan suhu dan kalor
4.12
Menyaji hasil penyelidikan mengenai cara
perpindahan kalor
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik
bunyi, cahaya, gas, fenomena optik, gelombang, listrik, dan magnet
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami sifat, persamaan gas dan hukum-hukum thermodinamika
3.2
Mendiskripsikan konsep gelombang mekanik dalam kehidupan
sehari-hari dan teknologi
3.3
Memahami konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam
teknologi
3.4
Menganalisis penggunaan alat–alat optik dalam kehidupan
sehari–hari dan teknologi
3.5
Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam
kehidupan sehari-hari
3.6
Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
3.7
Menganalis gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial
listrik, energi potensial listrik
serta penerapannya pada berbagai kasus
3.8
Menganalisis induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai
produk teknologi
3.9
Memahami fenomena induksi elektromagnetik berdasarkan percobaan
3.10 Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi
elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi dan dampaknya pada kehidupan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Merencanakan dan melaksanakan percobaan sifat gas dan hukum
thermodinamika
4.2
Merencanakan dan melaksanakan pengamatan konsep gelombang
mekanik dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
4.3
Merencanakan dan melaksanakan percobaan
interferensi gelombang cahaya
4.4
Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik untuk keperluan dalam
kehidupan sehari-hari dan teknologi
4.5
Merencanakan dan melaksanakan percobaan
rangkaian listrik searah (DC)
4.6
Memecahkan masalah terkait rangkaian
arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
4.7
Menyajikan data dan informasi tentang
kapasitor dan manfaatnya dalam kehidupan sehari
4.8
Melaksanakan pengamatan induksi magnet
dan gaya magnetik disekitar kawat berarus listrik
4.9
Mencipta produk sederhana dengan
menggunakan prinsip induksi elektromagnetik
4.10
Menyajikan hasil analisis tentang
radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada
kehidupan
|
D-2 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pemrograman Dasar
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Mendiskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai
sumber energi di alam.
1.3
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami
penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
3.2
Memahami
struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
3.3
Memahami
struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan
serta
3.4
Menerapkan
bahasa pemrograman
3.5
Menerapkan
penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
3.6
Menerapkan
struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
3.7
Menerapkan
struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman
3.8
Menerapkan
keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menggunakan algoritma pemrograman untuk
memecahkan permasalahan
4.2
Menggunakan algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan
4.3
Memecahkan
permasalahan dengan algoritma perulangan
4.4
Mengolah
algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
4.5
Mengolah data
menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
4.6
Memecahkan
masalah menggunakan struktur kontrol percabangan
4.7
Memecahkan
masalah menggunakan struktur kontrol perulangan
4.8
Menganalisa
kesalahan dalam program komputer
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Mendiskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai
sumber energi di alam.
1.3
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari.
1.4
Meningkatkan
nilai-nilai keimanan
dalam upaya untuk mencegah pengaruh negatif perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Mendiskripsikan operasi aritmatika
3.2
Mendiskripsikan operasi logika
3.3
Memahami
penggunaan array 1 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.4
Memahami
penggunaan array 2 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.5
Memahami
penggunaan array multidimensi untuk penyimpanan data di memori
3.6
Memahami operasi string
3.7
Mendiskripsikan konversi antar tipe data
3.8
Memahami konsep pointer
3.9
Mendiskripsikan penggunaan fungsi
3.10
Memahami penggunaan fungsi rekursif
3.11
Menerapkan
pointer ke fungsi
3.12
Menerapkan
header file dalam pemrograman
3.13
Menerapkan logika
pencarian data
3.14
Menerapkan
logika pengurutan data
3.15
Menerapkan
bahasa pemrograman pada aplikasi bisnis
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Memecahkan
permasalahan perhitungan dengan operasi aritmatika
4.2
Memecahkan
permasalahan logika dengan operasi logika
4.3
Menyajikan
kumpulan data berdimensi 1 dalam bentuk array
4.4
Menyajikan
kumpulan data berdimensi 2 dalam bentuk array
4.5
Menyajikan
kumpulan data berdimensi banyak dalam bentuk array
4.6
Memecahkan
permasalahan terkait operasi string
4.7
Memecahkan
masalah konversi antar tipe data
4.8
Memodifikasi
data melalui pointer
4.9
Memecahkan
masalah prosedural menggunakan konsep fungsi
4.10
Memecahkan
masalah prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
4.11
Memodifikasi
data melalui pointer ke fungsi
4.12
Memodifikasi
program prosedural menggunakan header file
4.13
Menyajikan
logika pencarian data pada aplikasi bisnis
4.14
Menyajikan
logika pengurutan data pada aplikasi bisnis
4.15
Memecahkan
kasus aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural
|
D-3 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sistem Komputer
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal)
3.2
Memahami relasi logik
dan fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
3.3
Memahami operasi
Aritmatik
3.4
Memahami Arithmatic
Logic Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
3.5
Memahami rangkaian
Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
3.6
Memahami organisasi dan
arsitektur komputer
3.7
Memahami media penyimpan
data eksternal (magnetik disk, RAID, optical disk dan pita magnetik)
3.8
Menganalisis memori
berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas,satuan,cara
akses,kinerja,tipe fisik,dan karakteristik fisik)
3.9
Memahami memori
semikonduktor (RAM, ROM,
PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM)
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menggunakan sistem
bilangan (Desimal, Biner, Oktal,
Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi
4.2
Merencanakan rangkaian
penjumlahan dan pengurangan dengan gerbang logika (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
4.3
Melaksanakan percobaan
Aritmatik Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
4.4
Menerapkan operasi
aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit
4.5
Merencanakan dan membuat
rangkaian Counter up dan Counter down
4.6
Menyajikan gambar
struktur sistem komputer Von Neumann
4.7
Membedakan beberapa
alternatif pemakaian beberapa media penyimpan data (semikonduktor, magnetik
disk, RAID, optical disk dan pita magnetik)
4.8
Menyajikan gagasan untuk
merangkai beberapa memori dalam sistem komputer
4.9
Menerapkan sistem
bilangan pada memori
semikonduktor ( adress dan data )
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami sistem
input-proses-output
3.2
Memahami Perangkat
Eksternal /pheriperal
3.3
Memahami struktur dan
interkoneksi bus.
3.4
Memahami dan
menganalisis kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau
struktogram
3.5
Memahami organisasi
prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing)
3.6
Memahami struktur CPU
dan fungsi CPU
3.7
Memahami karakteristik
set instruksi (operand dan operasi)
3.8
Memahami mode dan format
pengalamatan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Merencanakan dan membuat
perangkat input –proses-output dengan
menggunakan modul I/O terprogram
4.2
Merangkai Perangkat
Eksternal dengan console unit
4.3
Menggunakan struktur dan
interkoneksi bus untuk membuat jaringan
4.4
Menggunakan kaidah dan
simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram untuk memecahkan
masalah.
4.5
Menggunakan organisasi
prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing) untuk
memecahkan masalah
4.6
Membuat rangkaian
internal CPU
4.7
Menggunakan set
instruksi (operand dan operasi) untuk memecahkan masalah
4.8
Menggunakan mode dan
format pengalamatan untuk memecahkan masalah
|
Lampiran E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian Pada Bidang Keahlian Kesehatan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
E-1 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Fisika
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan
berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran
agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan
dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami
besaran pokok dan turunannya
3.2
Mendeskripsikan
konsep gerak dan gaya
3.3
Mendeskripsikan
konsep gerak translasi dan rotasi
3.4
Menjelaskan
konsep benda tegar
3.5
Mendeskripsikan
konsep usaha, energi dan hukum kekekalan energi
3.6
Mendeskripsikan
konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
3.7
Mendeskripsikan
konsep elastisitas bahan dan hukum Hooke
3.8
Mendeskripsikan
konsep suhu dan kalor serta pengaruh kalor terhadap zat
3.9
Mendeskripsikan
hukum fluida statis dan dinamis
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengukur besaran-besaran pokok dan konversinya
4.2
Menghitung
gerak lurus, gerak melingkar, dan gaya gesek terkait bidang kesehatan
4.3
Menghitung gerak translasi dan rotasi untuk
memecahkan masalah pada bidang kesehatan
4.4
Menghitung keseimbangan benda tegar pada bidang kesehatan
4.5
Menghitung
usaha, energi dan hukum kekekalan energi terkait dengan bidang pariwisata
4.6
Menghitung hubungan impuls dan momentum terkait penggunaannya di bidang kesehatan
4.7
Menentukan kekuatan bahan yang digunakan pada kesehatan sesuai dengan
konsep elastisitas
4.8
Mengukur suhu dan
kalor terkait bidang kesehatan
serta membandingkan pengaruh kalor terhadap berbagai zat di
bidang kesehatan
4.9
Menghitung
fluida statis dan dinamis di bidang kesehatan
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan
berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran
agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan
keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di
laboratorium lingkungan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Mendeskripsikan
hukum-hukum termodinamika
3.2
Mendeskripsikan
hukum getaran, gelombang, dan bunyi
3.3
Mendeskripsikan
konsep kemagnetan dan elektromagnet
3.4
Mendeskripsikan
konsep cermin dan lensa
3.5
Mendeskripsikan
konsep listrik statis dan dinamis
3.6
Mendeskripsikan
konsep listrik arus searah
3.7
Mendeskripsikan
konsep listrik arus bolak- balik
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Melakukan
pengobatan dengan menggunakan energy panas dan dingin
4.2
Menghitung
getaran, gelombang, dan bunyi terkait bidang kesehatan
4.3
Memghitung hukum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan
sederhana
4.4
Menghitung
hukum pemantulan dan pembiasan
4.5
Membedakan
listrik statis dan dinamis melalui percobaan
4.6
Menghitung
daya dan energi listrik arus searah
4.7
Menghitung
daya dan energi listrik arus bolak-balik
|
E-2 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan
berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran
agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan
kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium
lingkungan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami konsep materi dan perubahannya
3.2
Memahami konsep unsur dan senyawa
3.3
Memahami persamaan reaksi
3.4
Menjelaskan
perkembangan teori atom dan konfigurasi elektron
3.5
Mendeskripsikan
ikatan ion dan kovalen
3.6
Memahami tata nama senyawa sederhana
3.7
Memahami hukum dasar kimia
3.8
Memahami
konsep mol
3.9
Mendeskripsikan
jenis-jenis reaksi kimia
3.10
Menjelaskan
sel elektrokimia
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menggunakan
konsep perubahan materi untuk pemecahan masalah kehidupan
4.2
Mengklasifikasi kasus sehari-hari berdasarkan
sifat-sifat unsur dan senyawa
4.3
Menalar kasus-kasus yang terjadi sehari-hari berdasarkan
konsep persamaan reaksi
4.4
Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron
dengan tabel periodik
4.5
Mengklasifikasi ikatan ion dan ikatan kovalen
4.6
Merumuskan nama senyawa dengan menggunakan tata nama senyawa sederhana
4.7
Menggunakan
hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia
4.8
Menggunakan
konsep mol dan persamaan reaksi untuk memecahkan masalah sehari-hari
4.9
Membedakan jenis-jenis reaksi kimia dalam
bidang kesehatan
4.10 Menggunakan sel elektrokimia untuk memecahkan masalah sehari-hari
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan
berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran
agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat
melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami konsep larutan
3.2
Memahami teori Asam Basa
3.3
Mendeskripsikan
konsep kesetimbangan kimia
3.4
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi
3.5
Memahami entalpi dan perubahan entalpi
3.6
Menjelaskan sifat
koligatif larutan
3.7
Mendeskripsikan
sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.8
Memahami kekhasan
atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon
3.9
Mendeskripsikan
konsep polimer
3.10
Mendeskripsikan
struktur, cara penulisan, tata nama, sifat dan penggolongan biomolekul (air,
karbohidrat, protein, lipida dan asam nukleat)
3.11
Menjelaskan
prinsip pemisahan kimia dan analisis kuantitatif
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Membuat larutan
dengan berbagai konsentrasi
4.2
Mengukur pH
larutan
4.3
Membuktikan
berbagai faktor yang mempengaruhi
pergeseran kesetimbangan kimia
4.4
Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan
reaksi
4.5
Membuktikan
proses entalpi reaksi
4.6
Membuktikan sifat
koligatif larutan elektrolit dengan nonelektrolit
4.7
Membuat berbagai
sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya serta menganalisis
sifat-sifat dari sistem koloid yang dibuat.
4.8
Menggolongkan
senyawa hidrokarbon dan turunannya
4.9
Mengklasifikasikan jenis polimer berdasarkan sifat-sifatnya
4.10
Memilih biomolekul (air, karbohidrat, protein,
lipida dan asam nukleat) berdasarkan sifat-sifatnya
4.11
Melakukan
pemisahan zat dari campurannya dan
menentukan kadar suatu zat melalui analisis kuantitatif
|
E-3 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Biologi
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
2.2
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan
percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Mendeskripsikan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2
Mendeskripsikan tentang sanitasi lingkungan
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.3
Mengdeskripsikan
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia melalui hasil
obesrvasi
3.4
Mendeskripsikan struktur anatomi tubuh manusia
3.5
Menganalisis ciri, replikasi, dan peran virus dalam
aspek kesehatan masyarakat
3.6
Mendiskripsikan archaebacteria dan eubacteria dalam bidang kesehatan melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
3.7
Menganalisis ciri-ciri dan cara reproduksi jamur
3.8
Memahami peran enzim dalam proses metabolisme
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengidentifikasi berbagai bahaya di tempat kerja
4.2
Mengidentifikasi data tentang sanitasi lingkungan
sesuai bidang kesehatan dan Pekerjaan Sosial dan menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis
4.3
Melakukan analisis ekologi di lingkungan sekitar
4.4
Menyajikan hasil kajian struktur anatomi tubuh manusia
4.5
Menyajikan data
hasil pengamatan tentang ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan dengan berbagai media
4.6
Menyajikan data ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria dalam kehidupan
4.7
Menyajikan data hasil pengamatan ciri dan peran jamur (khamir dan kapang ) dalam
kehidupan dan lingkungan
4.8
Menalar
cara kerja enzim dalam proses metabolisme tumbuhan dan hewan
melalui proses pengamatan
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah
dalam kemampuan mengamati bioproses
1.3
Peka dan peduli terhadap permasalahan
lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/ laboratorium
2.2
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan
percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem gerak pada manusia
3.2
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem sirkulasi
3.3
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem pencernaan
3.4
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem respirasi
3.5
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem ekskresi
3.6
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem koordinasi (peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan
regulasi serta gangguan)
3.7
Menganalisis bahaya penggunaan senyawa
psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan
masyarakat.
3.8
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
reproduksi
3.9
Memahami prinsip reproduksi manusia untuk
menanggulangi pertambahan penduduk
melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup
SDM (pemberian ASI ekslusif)
3.10
Memahami prinsip-prinsip sistem immun (program
immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh)
3.11
Mendeskripsikan peran enzim dalam proses Metabolisme.
3.12
Mengklasifikasikan produk bioteknologi dalam
bidang kesehatan dan kedokteran
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang menyebabkan gangguan sistem
gerak manusia
4.2
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan
gangguan sistem peredaran darah manusia
4.3
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap pada
struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan
gangguan sistem pencernaan manusia
4.4
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan yang menyebabkan gangguan sistem respirasi
manusia
4.5
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi
manusia
4.6
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi saraf
4.7
Menyajikan data bahaya penggunaan senyawa
psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat
berdasarkan hasil pengamatan
4.8
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi
manusia
4.9
Menyajikan data penanggulangan pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan
peningkatan kualitas hidup SDM (pemberian ASI ekslusif)
4.10
Menalar prinsip-prinsip sistem immun (program
immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh)
4.11
Membedakan cara kerja enzim dan respirasi aerob
4.12
Mengklasifikasikan produk bioteknologi dalam
bidang kesehatan dan kedokteran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar